Bukan pakai tisu basah, ibu muda ini bagikan trik mengiris bawang merah agar tak bikin mata pedih

Bukan pakai tisu basah, ibu muda ini bagikan trik mengiris bawang merah agar tak bikin mata pedih
Instagram/@miftach_

Brilio.net - Bawang merah termasuk bumbu dapur yang digunakan pada hampir seluruh masakan. Jenis bawang ini memang punya aroma sangat kuat yang berasal dari kandungan senyawa sulfurnya. Nah, senyawa ini juga dapat membuat masakan jadi semakin sedap, lho.

Saat hendak digunakan, biasanya bawang merah akan dikupas dan diiris terlebih dahulu agar semakin sedap. Namun proses mengiris bawang merah seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi banyak orang. Bukan tanpa sebab, salah satu dampak yang kerap dirasakan saat mengiris bawang merah adalah munculnya sensasi pedih di mata. Bahkan tak jarang, mata sampai berair dan panas karena mengiris bawang merah.

Kondisi mata pedih karena mengiris bawang merah memang bukan tanpa alasan. Dilansir dari byjus.com, bawang merah mengandung enzim bernama propanethial sulphoxide. Saat diiris, enzim ini akan keluar dan terkena gas udara. Jika terkena mata, enzim tersebut akan membentuk sulfenic acid dan menyebabkan mata perih atau berair.

Masalah saat mengiris bawang merah ini memang dialami banyak orang, salah satunya adalah seorang ibu muda bernama Miftach. Melalui akun Instagram @miftach_, ibu muda ini mengaku sering mengalami masalah tersebut.

"Mata sering banget perih kalau kupas dan iris bawang. Apalagi kalau lagi ngupas dan ngiris bawang merah yang banyak," ujar Miftach, dikutip BrilioFood melalui Instagram @miftach_ pada Senin (4/3).

Bukan pakai tisu basah, ibu muda ini bagikan trik mengiris bawang merah agar tak bikin mata pedih

foto: Instagram/@miftach_

Untuk mengatasi hal tersebut, salah satu trik yang dilakukan adalah dengan meletakkan tisu basah. Jadi tisu yang sudah dibasahi dengan air ini akan diletakkan begitu saja di atas meja. Usut punya usut, tisu basah ini dapat mencegah mata pedih saat mengiris bawang merah.

Namun alih-alih menggunakan tisu basah, ibu muda ini memiliki teknik lain.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya