Bukan pakai wajan antilengket, ini trik goreng adonan cilung agar tak menempel dan mudah digulung

Bukan pakai wajan antilengket, ini trik goreng adonan cilung agar tak menempel dan mudah digulung
YouTube/Otak Atik kuliner

Brilio.net - Cilung merupakan singkatan aci digulung. Jajanan asal Sunda ini terbuat dari aci atau yang disebut dengan tepung tapioka dan punya tekstur kenyal. Adonan aci ini biasanya berbentuk bulat dan dicetak dengan cara digulung saat digoreng.

Saat sudah matang, cilung bisa disajikan dengan berbagai macam bumbu atau saus pedas. Kamu bisa menggunakan bumbu sesuai selera, misalnya bumbu bubuk tabur dengan rasa barbeque, ayam bakar, atau jagung bakar. Selain itu, bisa juga disajikan dengan saus pedas kesukaan.

Dilihat dari cara membuatnya, adonan cilung yang sudah diracik biasanya akan dicetak di atas teflon. Selain untuk cetakan, teflon juga berguna sebagai penggorengan, lho. Jadi, saat adonannya sudah matang, cilung akan digulung menggunakan bantuan tusuk sate.

Pada dasarnya proses penggorengan cilung ini hanya menggunakan sedikit minyak. Oleh sebab itu, teflon yang dipakai juga harus bersifat antilengket. Hal ini bertujuan agar adonan cilung nggak hancur dan bisa dengan mudah digulung.

Namun selain menggunakan teflon antilengket, sebenarnya kamu bisa menerapkan trik lain saat menggoreng adonan cilung ini. Seorang pengguna YouTube Otak Atik kuliner pernah membagikan trik menggoreng cilung tanpa teflon antilengket. Usut punya usut, hal utama yang perlu diperhatikan adalah adonannya, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya