Trik menanak nasi agar tak basi dan tetap pulen 3 hari di suhu ruang, tanpa minyak atau jeruk nipis

Trik menanak nasi agar tak basi dan tetap pulen 3 hari di suhu ruang, tanpa minyak atau jeruk nipis
YouTube/Endang Mengge

Brilio.net - Apapun menu lauk dan sayurnya, rasanya kurang lengkap jika disantap tanpa nasi. Bagi banyak orang, nasi sudah menjadi makanan pokok yang dikonsumsi hampir setiap hari. Bukan tanpa alasan, nasi mengandung karbohidrat tinggi untuk menjadi sumber energi tubuh saat beraktivitas.

Untuk menanak nasi, sebagian besar orang kini mengandalkan rice cooker. Rice cooker atau magic com merupakan penanak nasi otomatis. Dengan menggunakan rice cooker, menanak nasi jadi lebih mudah, cepat, dan hasilnya pun memuaskan.

Sayangnya, penggunaan rice cooker terkadang membuat nasi jadi cepat basi, lho. Dalam waktu kurang dari 12 jam saja, nasi bisa kuning dan mengeluarkan bau tak sedap. Menyantap nasi dengan kondisi seperti itu tentu kurang lezat.

Untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan beberapa bahan tambahan. Misalnya dengan menambahkan minyak goreng atau jeruk nipis ke dalam beras saat dimasak. Usut punya usut, bahan dapur ini dianggap mampu membuat nasi lebih awet hingga 1-2 hari, lho.

Namun sebenarnya kamu bisa lho memperpanjang masa simpan nasi yang sudah ditanak. Bahkan tanpa perlu bahan tambahan, kamu bisa membuat nasi yang dimasak lebih awet dan tetap pulen selama 3 hari. Cukup lama, bukan? Seorang pengguna YouTube Endang Mengge membagikan trik menanak nasi melalui salah satu video yang diunggah.

"Saya rasa ini cocok banget buat pemirsa yang suka camping, suka bepergian, suka ke ladang yang berhari-hari, ini sangat berguna, ya," terang YouTube Endang Mengge, dikutip BrilioFood pada Selasa (25/7).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya