Tak perlu direndam cuka atau jeruk nipis, ini cara hilangkan bau amis daging ayam pakai 1 jenis rempah

Tak perlu direndam cuka atau jeruk nipis, ini cara hilangkan bau amis daging ayam pakai 1 jenis rempah

Brilio.net - Daging ayam merupakan salah satu protein hewani yang banyak dikonsumsi masyarakat. Bahan makanan satu ini cenderung mudah didapat dengan harga terjangkau. Mulai dari pasar tradisional, supermarket, hingga pedagang pinggir jalan ada yang menjual daging ayam.

Selain terjangkau, daging ayam juga mudah diolah jadi berbagai macam menu. Kamu bisa menggunakan aneka bumbu untuk mengolah daging ayam. Bisa dengan digoreng menggunakan bumbu ungkepan, dikukus bersama bumbu jahe, atau ditumis bumbu rujak.

Walau cocok dimasak dengan beragam bumbu, namun ada sebagian orang yang masih enggan mengolah daging ayam, lho. Bukan tanpa alasan, daging ayam memang perlu proses pengolahan khusus karena memiliki bau amis menyengat. Bau amis ini biasanya berasal dari sisa darah atau lapisan lemak yang menyelimuti daging ayam.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan bau amis daging ayam. Sejumlah orang biasanya menggunakan bahan dapur, misalnya jeruk nipis atau cuka. Kedua bahan ini punya kandungan asam yang tinggi. Nah, aroma asamnya bisa mengurangi bau amis yang menyengat.

Tapi jika menggunakan dua bahan tersebut, kamu harus merendam daging ayam ini selama 15-30 menit supaya baunya benar-benar hilang. Bagi sebagian orang, cara tersebut cenderung buang-buang waktu. Padahal tahu nggak sih, selain menggunakan cuka dan jeruk nipis, sebenarnya ada bahan lain yang bisa digunakan supaya lebih praktis, lho.

Seorang pengguna YouTube Hobbi Emak pernah membagikan cara sederhana ketika menghilangkan bau amis daging ayam. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan satu jenis rempah.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya