Bukan tepung terigu, ini trik bikin wajan antilengket saat menggoreng cuma pakai 1 bahan dapur

Bukan tepung terigu, ini trik bikin wajan antilengket saat menggoreng cuma pakai 1 bahan dapur
foto: YouTube/Zaini Malik 1A

Brilio.net - Wajan merupakan salah satu peralatan dapur yang hampir digunakan setiap hari. Bukan tanpa alasan, fungsi wajan memang cukup beragam karena bisa digunakan untuk menggoreng, menumis, hingga memanggang.

Saat ini wajan sudah dijual dengan berbagai jenis bahan, ukuran, hingga bentuk. Salah satu wajan yang jadi perhatian adalah wajan antilengket. Dengan pakai alat dapur satu ini, kamu bisa memasak bahan apapun tanpa perlu khawatir akan menempel di permukaan wajan.

Keunggulan tersebut sayangnya tidak dirasakan jika kamu menggunakan wajan biasa. Terkadang saat wajan biasa dipakai menggoreng, ada beberapa bagian masakan yang lengket dan menempel di permukaannya. Hal ini tentu membuat masakan yang dihasilkan jadi nggak utuh lagi. Selain itu, membersihkan wajan juga jadi PR tersendiri, kan?

Kalau mengalami kejadian serupa, nggak perlu buru-buru mengganti wajan biasa dengan wajan antilengket. Karena ada trik yang bisa dicoba untuk menggoreng berbagai masakan antilengket dengan alat masak satu ini.

Sebagian orang sengaja menaburkan tepung terigu ke permukaan wajan sebelum dipakai. Bahan satu ini dianggap bisa menyerap sisa air di wajan ataupun masakan. Dengan begitu, saat tercampur dengan minyak panas, permukaan wajan jadi tidak lengket.

Tapi nggak melulu pakai tepung terigu, ternyata ada bahan dapur lainnya yang bisa digunakan. Seperti apa yang dilakukan oleh seorang warganet dengan nama akun YouTube Zaini malik 1A. Ia mencontohkan trik ini saat akan menggoreng ikan.

"Ilmu mahal trik sederhana agar wajan tidak lengket," tulisnya di keterangan video seperti dikutip BrilioFood, Jumat (20/10).

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya