Cara bersihkan alat panggang berkerak, bisa pakai dua bahan dapur

Cara bersihkan alat panggang berkerak, bisa pakai dua bahan dapur
TikTok/@chefbob8

Brilio.net - Usai memanggang daging atau sate untuk barbeque-an, bersih-bersih dan mencuci peralatan masak seringkali terasa merepotkan. Apalagi jika harus mencuci alat panggang yang sudah digunakan.

Pasti kamu dibuat pusing dengan kerak gosongpada panggangan tersebut. Kerak ini biasanya terbentuk karena kotoran dari sisa daging dan bumbu yang menempel. Kamu pun harus mencucinya dengan susah payah hingga berkali-kali agar kotorannya hilang.

Tak jarang, kotoran tersebut dibersihkan dengan cara dikeruk pakai benda tajam seperti pisau. Padahal cara tersebut bisa membuat alat panggang malah jadi rusak. Di sisi lain, jika kerak tersebut dibiarkan begitu saja, malah akan memicu timbulnya karat pada alat panggang.

Lantas, bagaimana cara membersihkan alat panggangan berkerak yang ampuh? Pada dasarnya, kamu bisa memanfaatkan dua bahan dapur. Yakni lemon dan garam. Seorang content creator TikTok memaparkan cara efektif membersihkan alat panggang yang berkerak tanpa harus susah payah.

Dilansir BrilioFood dari TikTok/@chefbob8 pada Kamis (29/9), cukup siapkan lemon yang sudah diiris serta garam yang diletakkan dalam nampan lebar. Gunakan garpu dan tancapkan pada bagian kulit lemon. Setelah itu, lapisi bekas iris lemon dengan garam yang sudah disediakan.

Cara bersihkan alat panggang berkerak, bisa pakai dua bahan dapur

foto: TikTok/@chefbob8

(brl/lut)

Video

Selengkapnya

Siomay Bandung

  • Mochi Gulung

    Mochi Gulung

  • Sawi Putih Crispy Asam Manis

    Sawi Putih Crispy Asam Manis

  • Spaghetti Brulee Sambal Ijo

    Spaghetti Brulee Sambal Ijo

Review

Selengkapnya