Cara bikin kaldu bubuk dari ampas bumbu dapur, praktis dan ekonomis

Cara bikin kaldu bubuk dari ampas bumbu dapur, praktis dan ekonomis
Cara lebih hemat |

Ia menggunakan ampas bawang putih dan bawang bombay untuk bikin kaldu bubuk kali ini. Menurutnya, hasilnya nggak kalah lezat dibanding kaldu bubuk kemasan instan yang dijual di pasaran, lho. Di samping itu, membuat kaldu bubuk sendiri dari ampas bumbu dapur juga membuatnya jauh lebih hemat.

"I’m making my money stretch with my onion and garlic scraps and turning it into this flavorful onion and garlic powder (Aku bikin keuanganku bertambah pakai ampas bawang bombay dan bawang putih jadi kaldu bubuk yang gurih)," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari TikTok @rj_rae pada Senin (13/3).

Pertama, siapkan dulu ampas bawang bombay dan bawang putihnya. Letakkan semua di atas nampan dan panggang di oven. Rachel menggunakan suhu 142 derajat celcius selama tiga jam proses pemanggangan untuk mengeringkan ampas bawang bombay dan bawang putihnya ini.

Cara bikin kaldu bubuk dari ampas bumbu dapur, praktis dan ekonomis

foto: TikTok/@rj_rae

Setelah dipanggang, semua ampas bawang bombay dan putih ini bisa dihaluskan pakai blender maupun chopper. Proses sampai semuanya halus selama beberapa saat, kemudian pindahkan kaldu bubuk tersebut ke dalam wadah tertutup dan siap digunakan kapan pun kamu memasak.

"It's not gonna be perfect, but it's really flavorful, really delicious, and then add a lot to your food otherwise you throw it away, it's great (Nggak sempurna, tapi benar-benar gurih dan enak, tambahkan kaldu bubuk ini yang banyak ke masakan daripada buang-buang ampas bawang, bagus, deh)," jelas Rachel.

Cara bikin kaldu bubuk dari ampas bumbu dapur, praktis dan ekonomis

foto: TikTok/@rj_rae

Gimana, gampang banget ditiru kan cara bikinnya? Buat yang hobi masak, pasti penasaran ingin coba, kan? Menilik kolom komentar unggahan TikTok @rj_rae, tak sedikit pula warganet lain yang antusias, lho. Unggahan ini pun sudah ditonton sebanyak lebih dari 800 ribu kali.

"You can also make broth . Save all veggie scraps (Kamu juga bisa bikin air kaldu pakai ampas sayuran)," imbuh TikTok @Ann Lawrence165.

"I use these for stock. Especially garlic peels. Delish. Retired chef here who manages her kitchen like a professional one lol (Aku pakai ampas bawang juga tapi untuk dijadikan air kaldu. Lebih tepatnya bawang putih. Enak. Aku mantan chef yang masih aktif masak di rumah layaknya profesional, haha)," kata TikTok @corporatebossbaby.

"Yellow onion skins make chicken broth a lovely yellow color (Kulit bawang bombay yang warnanya kuning bisa bikin warna kuah kaldu ayam jadi cantik)," cetus TikTok @beguiledbibliophile.

"well damn. now I gotta do this (Sial. Aku harus coba ini)," ujar TikTok @Jessica.

"Whoa! That’s awesome!(Itu keren!)," puji TikTok @Jen.

@rj_rae I’m making my money stretch with my onion and garlic scraps and turning it into this flavorful onion and garlic powder. #scrappycooking #stretching my #budget #onion #garlic #recipe original sound - Rachel

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya