Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam

Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam
Seteleh direbus, jangan buru-buru dibuka. |

"Sahabatku, aku ada tips memasak kacang hijau yang benar. Jadi pertama-tama kita harus matangkan dulu kacang hijaunya, baru boleh taruh gula, gitu ya. Kalau kita taruh gula di depan nanti kacang hijaunya keras, nggak akan pernah matang," jelasnya dikutip BrilioFood dari YouTube/Eddy Siswanto, Rabu (16/11).

Dalam videonya, Eddy menunjukkan cara merebus 500 gr kacang hijau. Nah, rahasia merebus kacang hijau sampai empuk dengan waktu lebih singkat menurutnya harus dimasak pakai panci presto.

Pertama, masukkan kacang hijau dan air secukupnya ke dalam panci. Lalu tutup panci presto dan nyalakan api. Rebus kacang hijau tersebut selama tujuh menit, terhitung mulai saat panci mengeluarkan suara.

Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam

foto: YouTube/Eddy Siswanto

Jika sudah direbus sampai 7 menit, langsung matikan api kompornya. Nah, kuncinya biar kacang hijau jadi empuk dan merekah sempurna, sebaiknya jangan langsung buka panci presto. Eddy menjelaskan, bisa tunggu kacang hijau selama 20 menit dulu sebelum panci presto dibuka agar proses masak tetap dilanjutkan walaupun tanpa api.

Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam

foto: YouTube/Eddy Siswanto

Selagi menunggu, bisa siapkan bahan-bahan untuk membuat bubur kacang hijau. Setelah itu, panci presto bisa dibuka. Dijamin, semua kacang hijau yang sudah direbus teksturnya jadi empuk dan merekah. Selanjutnya, bisa langsung masak dan campurkan kacang hijau dengan bahan-bahan lainnya sesuai selera.

Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam

foto: YouTube/Eddy Siswanto

Nah, kalau kacang hijau direbus pakai panci presto seperti ini, jadi lebih hemat waktu dan gas, bukan? Menilik kolom komentar unggahan Eddy ini, banyak pula warganet yang gemar masak kacang hijau dengan cara yang sama, lho. Selain itu, unggahan ini sudah ditonton puluhan ribu kali usai diunggah pada Februari lalu.

"Makasih koh resepnya gk sabar pengen praktek dewek hehe nonton tayangnya dl deh ko," kata YouTube/Windy Rw.

"Semenjak punya panci presto, Aku selalu buat ini, gacel, hemat waktu dan gas ...mana harga gas lagi naek banyak ! Ups," ungkap YouTube/watje NIE.

"Cukup simple.." kata YouTube/welas isworo.

"Mantabbb ko edy,,,,,musim dingin gini makan bubur kacang hijau panas panas," ujar YouTube/Rahma R.

"Kalo saya, saya cukit ke atas ko pentil uapnya pake sendok kayu, sampai uapnya keluar habis. mungkin bisa dicoba," jelas YouTube/Indria Happy.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya