Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam

Cara cepat merebus kacang hijau, cuma 7 menit tanpa direndam
foto: YouTube/Eddy Siswanto

Brilio.net - Kacang hijau dikenal sebagai makanan tinggi nutrisi yang bisa menunjang kesehatan. Dilansir dari healthline.com, kacang hijau kaya akan protein, asam amino, antioksidan, zat besi, dan masih banyak lagi. Kacang hijau bisa diolah jadi aneka hidangan. Salah satu hidangan dari olahan kacang hijau yang sering dikonsumsi di Indonesia adalah bubur kacang hijau.

Bubur kacang hijau biasanya diolah dengan campuran gula merah yang membuat cita rasanya jadi manis. Kemudian, bubur kacang hijau dimasak juga menggunakan santan, daun pandan, dan lain sebagainya. Namun, sebelum diolah jadi bubur, kacang hijau harus rendam terlebih dahulu agar teksturnya empuk saat dimasak.

Nggak jarang, kacang hijau harus direndam sampai berjam-jam agar teksturnya tak lagi alot. Tetapi, ada pula yang mengolahnya tanpa direndam, melainkan pakai teknik merebus 7:30:5. Lebih tepatnya, teknik ini dilakukan dengan merebus kacang hijau selama 7 menit, didiamkan selama 30 menit, lalu merebus kembali selama 5 menit.

Baru setelah itu kacang hijau siap dimasak jadi bubur pakai bahan-bahan sesuai keinginan. Di samping itu, rupanya ada cara lain yang jauh lebih singkat untuk mengolah kacang hijau agar empuk, lho. Cara ini dibagikan oleh konten kreator di bidang masak bernama Eddy yang merupakan peserta MasterChef Indonesia season 6.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya