Cara jitu memeras santan kelapa agar hasilnya lebih banyak

Cara jitu memeras santan kelapa agar hasilnya lebih banyak
TikTok/@siomay.unda

Brilio.net - Hidangan Indonesia punya cita rasa beragam. Didukung dengan bahan-bahan dan cara masak yang khas. Contohnya hidangan bersantan, siapa sih yang bisa menolak. Sebut saja rendang, gulai, nasi uduk, opor, sayur lodeh, garang asem, dan masih banyak lagi.

Masakan bersantan pun bisa lebih mudah diolah di rumah karena santan instan sudah banyak tersedia dan bisa dibeli di pasaran. Meskipun begitu, masih banyak lho orang-orang yang memilih pakai santanmurni langsung dari kelapa parut karena beberapa alasan.

Santan murni ini dianggap lebih sehat karena tidak mengandung pengawet maupun bahan tambahan lainnya. Di samping itu, santan murni juga dianggap lebih ampuh bikin hidangan semakin nikmat lantaran rasa dan aroma khas kelapanya masih begitu kuat.

Di pasaran, terutama warung tradisional, banyak penjual yang sekaligus dapat membantu memeras santan dari kelapa. Tetapi, banyak pula yang memilih memeras santan sendiri di rumah biar lebih higienis dan bisa menghasilkan porsi santan sesuai selera.

Rupanya, untuk memeras santan secara manual menggunakan tangan, ada triknya agar santan yang dihasilkan lebih banyak, lho. Cara ini dibagikan oleh pengguna TikTok lewat akun @siomay.unda, dilansir BrilioFood pada Jumat (23/9). Di video yang tersebut, ia mengaku cara ini sempat diajarkan oleh sang ibu sejak kecil.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya