Cara membersihkan teko stainless steel baru agar tak mudah berkarat

Cara membersihkan teko stainless steel baru agar tak mudah berkarat
Buat yang punya teko stainless baru, jangan langsung digunakan untuk merebus air minum. |

"Barangnya akan menjadi awet dan baik untuk kesehatan kita, tidak ada lagi bahan berbahaya ketika kita akan minum," jelas Lilis dikutip BrilioFood dari YouTube/Lilis Rahma pada Selasa (29/11).

Bersihkan dulu teko menggunakan sabun cuci piring dan spons seperti mencuci alat dapur biasanya. Pastikan semua sisi teko dibersihkan pakai sabun secara merata, kemudian bilas sampai tak ada lagi sisa sabun.

Bersihkan juga tempelan stiker plastik atau kertas yang menempel di teko biar tak terbakar saat dimasak. Setelahnya, tuangkan air sampai batas maksimal dan campurkan baking soda secukupnya.

Cara membersihkan teko stainless steel baru agar tak mudah berkarat

foto: YouTube/Lilis Rahma

Rebus air dan baking soda di teko baru tersebut sampai mendidih. Setelah mendidih, matikan api dan aduk airnya menggunakan sendok. Sembari diaduk, sebaiknya bagian dalam teko yang tak terkena air disiram-siramkan pakai air rebusan tersebut. Pemilik video tersebut juga menjelaskan, air rebusan baking soda ini ampuh membersihkan lapisan bagian dalam teko.

Sebab, seluruh bagian stainless steel pada teko dilapisi bahan-bahan pengilap. Namun, bahan pengilap ini dapat berbahaya jika terkontaminasi dengan air yang ingin dikonsumsi, makanya baking soda bisa membantu membersihkannya. Selain baking soda, bisa pula ganti dengan bahan lainnya seperti lemon atau jeruk nipis.

Dilansir dari grove.co, baking soda, lemon, maupun jeruk nipis mampu membersihkan kotoran atau lapisan berbahaya pada alat masak berbahan stainless steel. Selain ampuh untuk membersihkan, tapi ketiga bahan ini tetap aman dan tidak akan merusak alat dapur, lho.

Cara membersihkan teko stainless steel baru agar tak mudah berkarat

foto: YouTube/Lilis Rahma

Setelah itu, air rebusan dari teko bisa dibuang. Cuci kembali teko menggunakan sabun untuk menghilangkan sisa baking soda yang masih tertinggal. Bilas satu kali hingga warna bagian dalam teko sudah tak semengilap bagian luarnya. Itu artinya, lapisan berbahaya di bagian dalam teko sudah hilang dan aman untuk dikonsumsi.

"Nah temen-temen ini tadi kan kelihatan ya mengkilatnya. Nah, sekarang kita lihat setelah direbus menggunakan air soda dan juga dicuci bersih lagi, ini kelihatan yang dalam itu udah nggak semengkilat tadi, masih mengkilat, tapi agak pudar, nggak sama persis kayak yang bagian luar," jelas Lilis.

Cara membersihkan teko stainless steel baru agar tak mudah berkarat

foto: YouTube/Lilis Rahma

Dalam video tersebut, sang pemilik channel tampak membilas kembali tekonya untuk memastikan tak ada sisa kotoran atau bahan berbahaya di dalamnya. Caranya, yakni dengan mengisi teko dengan air dan dibiarkan mengalir atau tumpah-tumpah selama 1 sampai 2 menit. Setelah itu, air bisa dibuang dan teko siap digunakan untuk merebus air minum.

"Kalau sudah seperti ini, ini sudah siap digunakan untuk memasak air untuk minum," pungkas Lilis.

Cara membersihkan teko baru ala Lilis ini pun mendapat banyak perhatian dari warganet di kolom komentar. Tak sedikit yang bertanya seputar cara membersihkan dan memakai teko stainless steel dengan tepat. Unggahan di YouTube/Lilis Rahma ini juga sudah ditonton puluhan ribu kali.

"Mau tanya saya punya teko jadul udah lama kira kira 10 tahunan dan baru tahu kondisi teko nya di bagian dalam mengelupas warna kekuning Kuningan teksturnya kayak semen kering gitu mudah ancur apakah itu berbahaya ? Baru ngeh soalnya , takutnya keracunan logam berat," tanya YouTube/S.A.M GAMING.

"Kalo teko hendak awet pakai saja kompor listrik biar nggak cepat bulukan," jelas YouTube/Panji Rajawali.

"Teko saya baru beli kok cepat bocor ya bagian bawahnya?
Apakah memanaskan teko dengan jumlah air yang sedikit bisa jadi masalah nya?" kata YouTube/Iqbal Nasrullah.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya