Cara menyimpan sambal pecel agar tidak bau tengik berbulan-bulan

Cara menyimpan sambal pecel agar tidak bau tengik berbulan-bulan
YouTube/Galeri Linda

Brilio.net - Pecel identik dengan sambal kacang yang rasanya khas. Bukan seperti bumbu kacang biasa, sambal pecel biasanya cenderung lebih pedas. Selain itu, ada rasa asam yang membuat sambal pecel makin segar dan nikmat disantap.

Bahan dasar pembuatan sambal pecel ini adalah kacang tanah. Jika tidak diolah dengan baik, kacang tanah ini bisa bikin sambal pecel jadi bau tengik, lho. Terlebih saat disimpan dalam waktu yang lama.

Sambal pecel yang bau tengik biasanya jadi nggak awet. Selain itu, cita rasanya juga berubah. Nggak heran kalau banyak orang memilih membuang stok sambal pecel jika kondisinya sudah seperti itu.

Memang ada beberapa hal yang memengaruhi keawetan sambal pecel ini. Tak terkecuali pada cara penyimpanannya. Sambal pecel yang disimpan dengan baik bisa tetap berkualitas dan tidak bau tengik.

Jika bingung, kamu bisa meniru sebuah tutorial yang dibagikan oleh pengguna YouTube bernama Linda. Melalui salah satu video yang diunggah di YouTube Galeri Linda, dia membeberkan cara menyimpan sambal pecel supaya awet dan tidak bau tengik hingga berbulan-bulan.

"Sambal pecel ini rasanya enak walaupun sudah disimpan lama, cara penyajiannya juga sangat praktis. Cocok juga buat temen-temen di rumah yang selalu ingin ada stok sambal pecel supaya nggak ribet," terang YouTube Galeri Linda, dikutip BrilioFood pada Kamis (16/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya