Cara mudah menguleni adonan donat agar cepat kalis walau tanpa mixer

Cara mudah menguleni adonan donat agar cepat kalis walau tanpa mixer
YouTube/Kreasi dapur Aisyah's channel

Brilio.net - Salah satu ciri-ciri donat gagal adalah teksturnya keras. Bahkan ada juga yang bentuknya jadi bantat setelah digoreng. Kondisi donat seperti itu bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Tapi secara umum, karena adonan yang dibuat cenderung tidak kalis. Sedangkan faktor utama yang menentukan adonan kalis yakni pada tahap pengulenan.

Jadi setelah dicampur dengan tepung, telur, dan air, adonan akan diuleni hingga teksturnya lembut dan mengembang. Sekilas, mengaduk adonan memang tampak mudah, namun menguleni sampai kalis justru menjadi hal sulit. Terlebih bagi pemula yang baru belajar membuat donat.

Nah, untuk mempermudah, sejumlah orang biasanya mengandalkan mixer atau pengaduk otomatis. Perabot elektronik satu ini memang bisa mempermudah proses mengaduk adonan. Mulai dari kecepatan, tekanan, hingga waktunya bisa disetting otomatis.

Namun jika tidak memiliki mixer, mau tidak mau kamu harus mengaduknya secara manual. Tapi tak perlu khawatir, ada sebuah tutorial menguleni adonan yang bisa ditiru supaya hasilnya kalis dan lembut. Tutorial ini dibagikan oleh warganet bernama Aisyah melalui YouTube Kreasi dapur Aisyah's channel.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya