Cara simpel bikin mayones ala rumahan, cuma pakai 3 bahan

Cara simpel bikin mayones ala rumahan, cuma pakai 3 bahan
TikTok/@negelsgt

Brilio.net - Mayones kini banyak dimanfaatkan sebagai salah satu bahan untuk membuat aneka jenis makanan. Tidak hanya makanan manis, mayones juga cocok dipadukan dengan hidangan gurih dan asin. Mayones sendiri termasuk salah satu jenis saus yang terbuat dari bahan dasar minyak nabati dan telur. Namun banyaknya variasi mayones membuat bahan yang digunakan pun lebih beragam.

Dulunya mayones identik dengan western food seperti salad, corn dog, sandwich, dan masih banyak lagi. Namun, saat ini mayones juga cocok dipadukan bersama camilan ala jajanan pasar, lho. Mulai dari risol, pastel, hingga singkong goreng.

Sudah banyak variasi mayones yang dijual di minimarket maupun pasar tradisional. Namun jika ingin memastikan mayones yang dikonsumsi dibuat dengan bahan berkualitas, kamu bisa kok bikin sendiri di rumah. Karena pada dasarnya membuat mayones cukup simpel.

Salah satu pengguna TikTok @negelsgt membagikan resep simpel bagaimana cara mudah membuat mayones ala rumahan. Dikutip BrilioFood dari akun TikTok/@negelsgt pada Minggu (28/8), bahan yang digunakan pun cukup mudah didapat. Kamu hanya perlu menyiapkan telur ayam, minyak kelapa, dan air lemon.

Cara simpel bikin mayones ala rumahan, cuma pakai 3 bahan

foto: TikTok/@negelsgt

Campur telur ayam, satu cup minyak, dan satu sendok air lemon di food processor. Biar makin gurih dan berasa, jangan lupa tambahkan garam dan gula, ya. Takarannya bisa disesuaikan selera. Termasuk dengan air lemon juga bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai tingkat keasaman yang diinginkan.

Cara simpel bikin mayones ala rumahan, cuma pakai 3 bahan

foto: TikTok/@negelsgt

Kemudian blender semua bahan. Di tahap pertama, cukup gunakan setengah cup minyak terlebih dahulu. Setelah semua tercampur rata, baru masukkan kembali sisa minyak. Blender lagi hingga teksturnya kental dan warnanya kuning pucat.

Cara simpel bikin mayones ala rumahan, cuma pakai 3 bahan

foto: TikTok/@negelsgt

Cara ini menghasilkan mayones dengan rasa original dan cocok disajikan sebagai cocolan makanan manis maupun gurih. Namun jika kamu ingin menirukan cara simpel membuat mayones tersebut, pastikan telur yang digunakan berkualitas baik dan telah melalui proses pasteurisasi.

"NOTE : sebelum dibuat mayo, plateurisasi (pasteurisasi) dulu telur yang segar di air 60°C selama 3-5 menit biar lebih aman," jelas akun TikTok/@negelsgt.

Hal ini lantaran pembuatan mayones tidak melibatkan proses pematangan. Dalam artian, telur yang akan digunakan sebagai mayones akan dikonsumsi langsung dalam kondisi mentah. Oleh karena itu pemilik akun tersebut menekankan untuk melakukan pasteurisasi telur.

Pasteurisasi merupakan proses pemanasan makanan dengan tujuan memperlambat pertumbuhan dan membunuh organisme, mikroba, dan bakteri merugikan yang terkandung dalam makanan. Proses pemanasan ini menggunakan suhu di bawah 100°C sehingga tidak mengubah tekstur atau kondisi makanan tersebut. Misalnya, proses pasteurisasi pada telur hanya akan membuat bakterinya hilang tanpa membuatnya menjadi matang.

Cara simpel bikin mayones ala rumahan, cuma pakai 3 bahan

foto: TikTok/@negelsgt

Memerhatikan kondisi telur seperti itu juga turut dipaparkan warganet lain melalui kolom komentar.

"pake telur yg udh steril aja saran soalnya ngga ada proses memasak takut bakteri Salmonella masih hidup /cmiiw," kata akun TikTok/@enhypena.

"yup, telurnya juga bisa diplasteurisasi dulu biar lebih amann," sahut akun TikTok/@negelsgt.

Banyak juga warganet lain turut menanggapi video yang telah disukai 12 ribu pengguna TikTok tersebut. Beberapa warganet merasa takjub dengan proses pembuatan mayones yang cenderung simpel dan ingin langsung mencobanya sendiri.

"Kereennnnn," kata pengguna TikTok/@vynamoniccaaa.

"makasih bang tutor nya" ungkap TikTok/@denismasak.

"Hmm bole coba nih " papar TikTok/@sridewi0920.

"ikutan aah jdi ngerti" tulis akun TikTok/@mayaarsihkasmiri.

@negelsgt Balas @azamthecookguy mayones homemade xixi Btw sorry kalo voice overnya aneh, hidung sy agak mampet #fyp @mitochiba.id #mitochiba #mengseru original sound - | Nigel Tan - | Nigel Tan |

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya