Cukup tambah 1 bumbu dapur, ini cara rebus pisang agar warnanya tetap kuning cerah dan tak menghitam

Cukup tambah 1 bumbu dapur, ini cara rebus pisang agar warnanya tetap kuning cerah dan tak menghitam
foto: TikTok/@cookirh

Brilio.net - Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kondisi iklim dan tanah yang ideal untuk pertumbuhan pisang. Berbagai varietas pisang tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia, menjadikannya salah satu buah yang sangat populer dan menjadi bagian penting dari makanan sehari-hari masyarakat Indonesia. Dari pisang kepok, pisang raja, hingga pisang ambon bisa tumbuh dengan subur.

Melimpahnya buah satu ini membuat pisang kerap diolah jadi berbagai macam makanan. Misalnya untuk kue, dessert, atau bahkan campuran minuman. Nah, ada juga yang mengolahnya dengan cara direbus saja. Pisang rebus memang kerap dijadikan sebagai camilan yang disukai banyak orang.

Selain karena teksturnya yang lembut, rasa manis alami dari pisang juga membuat sejumlah orang ketagihan. Memang sangat cocok disantap sebagai teman ngopi dan bersantai di rumah. Untuk menyantap camilan satu ini, kamu perlu tahu beberapa jenis pisang yang cocok agar teksturnya tidak terlalu lembek atau bahkan hancur.

Biasanya pisang yang cocok untuk direbus adalah pisang kepok, pisang raja, dan pisang ambon. Selain itu, pisang yang masih segar dan tidak terlalu matang bisa menghasilkan tekstur pas saat direbus. Namun selain memilih jenis pisang, kamu juga harus tahu trik merebusnya. Pasalnya, merebus pisang secara sembarang bisa membuat tampilannya jadi kehitaman.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya