Cuma 10 menit, ini trik merebus kacang hijau agar cepat empuk dan merekah meski tak direndam semalaman

Cuma 10 menit, ini trik merebus kacang hijau agar cepat empuk dan merekah meski tak direndam semalaman
TikTok/@kesihnza

Brilio.net - Kacang hijau kaya manfaat bagi kesehatan manusia. Bahan makanan satu ini mengandung sejumlah nutrisi penting seperti protein, serat, vitamin, dan mineral yang berkontribusi pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Selain itu, kacang hijau juga dikenal punya manfaat bagi kesehatan jantung.

Untuk mendapatkan manfaat kesehatan tersebut, mengonsumsi kacang hijau secara langsung bisa jadi pilihan tepat. Biasanya kacang hijau akan diolah jadi bubur, isian kue, dessert, dan lainnya. Meskipun bisa dimasak jadi banyak menu, namun pengolahan awal kacang hijau ini tetap sama, yakni direbus terlebih dahulu.

Merebus kacang hijau bisa membuat teksturnya lebih empuk dan merekah, sehingga akan mudah dicerna. Namun perlu diketahui bahwa untuk mendapatkan tekstur seperti itu, kacang hijau harus direbus dalam waktu yang sangat lama. Durasinya bisa mencapai 45 menit atau bahkan 1 jam jika menggunakan panci biasa (bukan presto).

Masalahnya, merebus kacang hijau selama itu tentu bikin boros gas dan waktu memasak. Nggak heran jika kemudian banyak orang mencari cara lain untuk mempersingkat durasi perebusan. Misalnya dengan merendam kacang hijau semalaman.

Namun selain dengan merendam kacang hijau, ada metode lain yang bisa dilakukan untuk mempersingkat durasi perebusan kacang hijau, lho. Trik merebus kacang hijau agar cepat empuk dan merekah ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @kesihnza. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan panci biasa dalam merebus kacang hijau. Meskipun begitu, kacang hijau bisa empuk dan merekah dalam waktu 10 menit, lho.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya