15 Cara merebus jengkol agar tak bau dan cepat empuk, praktis pakai bahan rumahan

15 Cara merebus jengkol agar tak bau dan cepat empuk, praktis pakai bahan rumahan
YouTube/Dapur mama anin

Brilio.net - Jengkol merupakan salah satu tanaman polong-polongan yang tumbuh subur di Indonesia. Biasanya jengkol dimasak dengan berbagai bumbu rempah jadi aneka hidangan, seperti semur, rendang, balado, dan lainnya. Selain itu, jengkol juga bisa digoreng begitu saja lalu disantap sebagai lalapan.

Tekstur kenyal dan sedikit rasa pahit dari jengkol dianggap dapat menambah selera makan. Namun untuk mendapatkan tekstur kenyal dan empuk, jengkol harus melewati proses pengolahan yang cukup panjang. Jengkol harus direndam terlebih dahulu. Nggak nanggung-nanggung, biasanya jengkol perlu direndam semalaman hingga berhari-hari, lho.

Setelah direndam, barulah jengkol direbus. Proses perebusannya juga memerlukan waktu yang cukup lama. Proses pengolahan yang panjang ini membuat sebagian orang enggan untuk mengolah jengkol sendiri karena memakan waktu dan membuat pemakaian gas jadi boros.

Sebagai solusinya, banyak yang menerapkan teknik merebus yang tepat agar jengkol lebih cepat empuk. Selain itu, banyak juga yang menggunakan bahan tambahan agar jengkol tidak lagi bau. Bahan yang digunakan seperti daun jambu biji hingga bubuk kopi.

Nah, buat kamu yang ingin mengolah jengkol sendiri di rumah, yuk simak rangkuman BrilioFood dari berbagai sumber pada Selasa (12/3), 15 cara merebus jengkol agar tak bau dan cepat empuk.

1. Direbus 12 menit pakai bubuk kopi, lengkuas, daun jeruk, dan daun salam.

15 Cara merebus jengkol agar tak bau dan cepat empuk, praktis pakai bahan rumahan

foto: YouTube/Wanva Family

Ada sejumlah trik merebus jengkol yang bisa diterapkan biar lebih hemat gas dan jengkol cepat empuk. Trik ini pernah dibagikan oleh salah satu pengguna YouTube Wanva Family. Melalui salah satu unggahannya, dia menerapkan cara merebus jengkol hanya dalam waktu 12 menit saja, lho. Meskipun singkat, namun hasil jengkol yang direbus bisa empuk.

Jadi, sebelum direbus, jengkol perlu direndam selama semalaman terlebih dahulu. Proses ini akan membuat bau jengkol sedikit berkurang. Selain itu, jengkol yang direndam bisa merekah dan ukurannya sedikit membengkak, sehingga akan lebih cepat empuk saat direbus nantinya.

Nah, jengkol yang sudah direndam tinggal dimasukkan ke dalam panci berisi air. Dalam video tersebut, Wanva menambahkan bubuk kopi yang pahit dan sejumlah rempah seperti lengkuas, serai, daun jeruk, dan daun salam. Penambahan bahan-bahan ini akan menghilangkan bau tak sedap jengkol sekaligus membuat jengkol makin wangi.

Untuk proses merebusnya, Wanva menggunakan metode 5-30-7. Jadi pertama-tama, rebus jengkol sampai mendidih. Lalu diamkan dalam kondisi mendidih selama lima menit. Setelah itu, matikan api dan diamkan panci dalam kondisi tertutup selama 30 menit.

Barulah kemudian rebus lagi selama tujuh menit. Jika sudah, matikan api dan diamkan lagi selama 23 menit. Suhu panas sisa proses perebusan tadi bisa membantu mematangkan jengkol tersebut. Sehingga walaupun didiamkan dengan kondisi api kompor mati, jengkol tetap bisa empuk. Jadi total perebusan hanya 12 menit.

Nah, terakhir, angkat dan tiriskan jengkol yang sudah direbus. Biar sisa getah dan bubuk kopinya hilang, cuci jengkol di air yang mengalir. Jangan lupa kupas kulit jengkol sebelum siap diolah dengan bumbu rempah lainnya.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya