Tak ditambah baking soda, ini trik merebus brokoli agar warnanya tetap hijau cerah pakai 1 bahan dapur

Tak ditambah baking soda, ini trik merebus brokoli agar warnanya tetap hijau cerah pakai 1 bahan dapur
Instagram/@machelwie

Brilio.net - Brokoli mengandung gizi dan nutrisi baik bagi tubuh. Dilansir dari webmd.com, kandungan vitamin C dan antioksidan dalam brokoli mampu mencegah berbagai penyakit seperti anemia hingga penyakit jantung, lho.

Brokoli bisa diolah jadi berbagai hidangan lezat dan menggugah selera. Biasanya brokoli dimasak jadi aneka tumisan, dicampurkan ke dalam kocokan telur, hingga digoreng garing.

Tapi buat yang mau simpel, bisa mengolah brokoli dengan cara direbus saja. Brokoli rebus pun nggak kalah enak jika disantap sebagai lauk hingga camilan.

Cara merebus brokoli memang terlihat gampang. Namun, kalau dilakukan secara asal, hasil rebusan brokoli justru warnanya kehitaman. Usut punya usut, hal ini disebabkan karena brokoli terlalu lama direbus. Selain tampilannya nggak menarik, nutrisi di dalam brokoli juga hilang tak tersisa.

Sebagai solusinya, kamu bisa menambahkan baking soda ke dalam air rebusan brokoli. Penambahan bahan dapur satu ini berfugsi untuk mempertahankan warna hijau pada brokoli.

Tapi nggak melulu pakai baking soda, ternyata ada cara lain yang bisa dipraktikkan saat merebus brokoli agar warnanya tetap hijau cerah. Caranya sempat ditunjukkan oleh Machel jebolan MasterChef Indonesia season 9 di unggahan media sosialnya.

"Sebenarnya ini tuh rahasia restoran, kenapa tampilan sayur mereka tuh cantik-cantik banget," ungkapnya, dikutip BrilioFood dari Instagram @machelwie pada Selasa (12/3).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya