Tanpa perlu baking soda, ini trik merebus brokoli agar empuk dan warnanya tetap hijau cerah

Tanpa perlu baking soda, ini trik merebus brokoli agar empuk dan warnanya tetap hijau cerah
YouTube/Hamsya kitchen

Brilio.net - Brokoli jadi salah satu sayuran yang bisa diolah jadi menu harian. Nggak cuma lezat, sayuran hijau ini juga padat nutrisi. Dilansir dari webmd.com, brokoli mengandung vitamin C, potassium, magnesium, kalsium, dan lainnya.

Nah, brokoli bisa diolah jadi berbagai hidangan. Nggak cuma menu berat, brokoli juga bisa dimasak jadi camilan yang menggiurkan. Namun, sebelum diolah jadi berbagai hidangan, brokoli harus direbus dulu agar teksturnya berubah empuk.

Namun, merebus brokoli sedikit berbeda, lho. Jika tidak dilakukan dengan hati-hati, warna brokoli cenderung berubah kehitaman, nggak menarik untuk disajikan.

Supaya rebusan brokoli tetap hijau cerah tapi tetap empuk, sejumlah orang sengaja menambahkan baking soda ke dalam air rebusan. Baking soda ipercaya bisa membuat air rebusan bersifat basa. Alhasil, senyawa klorofil (zat hijau) pada sayuran pun tetap bertahan.

Tapi nggak perlu khawatir kalau stok baking soda sedang menipis atau habis, karena ada trik lain yang bisa dipraktikkan saat merebus brokoli. Trik tersebut sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Hamsya kitchen. Di unggahan videonya, tampak ia sama sekali tidak menggunakan baking soda saat merebus brokoli. Meski begitu, hasilnya tetap empuk dan berwarna hijau cerah.

Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya