Tak perlu baking soda, ini trik merebus nangka muda agar tetap putih dan cepat empuk dalam 7 menit

Tak perlu baking soda, ini trik merebus nangka muda agar tetap putih dan cepat empuk dalam 7 menit
foto: TikTok/@dapurdhira

Brilio.net - Buah nangka kerap dikonsumsi sebagai camilan atau bahan dasar pembuatan dessert. Namun biasanya, nangka yang dikonsumsi langsung ini sudah dalam kondisi matang. Nangka yang matang memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut, sehingga cocok disantap sebagai camilan atau dessert.

Namun selain dikonsumsi dalam bentuk matang, nangka juga bisa dimanfaatkan meski masih mentah, lho. Yup! Nangka mentah biasanya diolah menjadi menu makanan yang gurih. Lebih tepatnya, nangka mentah atau nangka muda dijadikan menu sayur untuk makan berat. Biasanya nangka muda ini diolah dengan bumbu santan atau aneka tumisan yang sedap. Lantas, sayur nangka akan disantap dengan nasi hangat dan lauk-pauk sebagai pelengkap.

Berbeda dengan nangka matang, nangka muda yang masih mentah ini punya tekstur yang keras. Oleh sebab itu, butuh proses pengolahan khusus untuk mengolah nangka agar semakin empuk dan mudah dikunyah. Pada umumnya, nangka diolah dengan cara direbus dalam air mendidih. Namun karena teksturnya yang keras, biasanya butuh waktu 30-45 menit agar bisa empuk sempurna.

Selain merebusnya yang lama, masalah lain saat merebus nangka muda adalah tampilannya yang jadi hitam. Hal ini disebabkan karena banyaknya getah pada nangka muda. Lantas saat direbus, getah tersebut akan berubah jadi hitam dan semakin menempel di permukaan nangka.

Untuk mencegah hal tersebut, sebagian orang biasanya akan merebus nangka dengan metode khusus. Misalnya dengan menambahkan baking soda ke dalam air rebusan. Bahan satu ini dipercaya dapat membuat nangka tetap putih dan empuk dalam waktu cepat.

Namun jika kamu tidak memiliki stok baking soda di rumah, tak perlu khawatir, ada bahan lain yang nggak kalah ampuh untuk mengempukkan nangka muda. Bahan ini pernah dibagikan oleh pengguna TikTok @dapurdhira. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku memakai dua bahan yang lebih sederhana dan pasti ada di dapur.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya