Cuma 12 menit, ini trik merebus ketan hitam supaya empuk tanpa direndam

Cuma 12 menit, ini trik merebus ketan hitam supaya empuk tanpa direndam
foto: YouTube/Putri Humaira

Brilio.net - Siapa sih yang nggak kenal dengan hidangan olahan dari beras ketan hitam? Contohnya ada bubur ketan hitam, kue, lupis, es loli, brownies, putu ayu, dan masih banyak lagi. Olahan ketan hitam ini juga terkenal akan rasanya yang enak dan tekstur lembutnya yang nikmat.

Ketan hitam ini juga mengandung sejumlah antioksidan, serat, dan vitamin yang baik untuk tubuh, lho. Dilansir dari healthline.com, ketan hitam bisa meningkatkan kesehatan mata, menurunkan berat badan, mencegah sel kanker tumbuh, menyehatkan jantung, menambah imun tubuh, dan lain-lain. Makanan ini juga bisa bikin perut kenyang lebih lama, sehingga cocok buat diet.

Penggemar ketan hitam juga bisa membuat makanan ini sendiri di rumah lho, sehingga nggak perlu sering-sering jajan di luar. Selain jadi lebih hemat, membuat bubur ketan sendiri di rumah juga otomatis lebih sehat dan aman karena bisa mengatur sendiri bahan-bahan yang digunakan. Namun, tak sedikit orang yang menghindari bikin ketan hitam karena disebut-sebut proses pembuatannya lama, lho.

Bahkan, tak jarang orang-orang harus merendam beras ketan hitamnya terlebih dahulu di air selama satu malam penuh. Padahal, tanpa direndam, tetap bisa membuatnya dalam waktu yang tak terlalu lama. Nah, untuk bisa merebus ketan hitam tanpa direndam terlebih dahulu, kamu bisa meniru trik yang dibagikan oleh warganet bernama Putri lewat sebuah unggahan di YouTube pribadinya.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya