Cuma 5 menit, begini cara rebus kacang merah agar cepat empuk tanpa presto dan baking soda

Cuma 5 menit, begini cara rebus kacang merah agar cepat empuk tanpa presto dan baking soda
YouTube/Dapur Uti Biqa

Brilio.net - Ada banyak jenis kacang-kacangan yang enak dijadikan bahan utama pembuatan dessert. Selain kacang hijau, kacang merah juga bisa dimasak jadi aneka menu lezat, lho. Salah satunya dibikin bubur, es, atau pasta untuk isian kue maupun roti.

Tak hanya lezat, kacang merah juga punya banyak nutrisi untuk tubuh. Dilansir dari feridies.com, kacang merah mengandung serat yang cukup tinggi. Serat merupakan nutrisi yang bisa mendukung kesehatan pencernaan dan mengendalikan berat badan.

Untuk mendapat nutrisi tersebut, mengonsumsi kacang merah merupakan pilihan yang tepat. Sayangnya, saat hendak dikonsumsi, kacang merah harus diolah terlebih dahulu agar teksturnya empuk dan lembut. Karena seperti kacang-kacangan pada umumnya, kacang merah ini punya tekstur keras saat masih mentah.

Saat hendak diolah, kacang merah perlu direbus selama 30-45 menit supaya teksturnya benar-benar empuk dan lembut. Panjangnya durasi perebusan ini kerap kali membuat sejumlah orang justru enggan mengolah sendiri kacang merah. Bukan tanpa alasan, merebus kacang merah selama itu tentu bisa bikin boros gas kompor.

Untuk mempersingkat waktu perebusan, sebagian orang biasanya akan menambahkan sejumlah bahan dapur. Salah satunya adalah dengan menambahkan baking soda. Baking soda ini bisa membantu mempercepat perebusan hingga 15 menitan, lho.

Padahal tahu nggak sih, perebusan kacang merah ini sebenarnya bisa dilakukan dengan lebih singkat tanpa bahan tambahan apapun, lho. Seorang pengguna YouTube dengan akun bernama Dapur Uti Biqa pernah membagikan cara merebus kacang merah hanya dalam 5 menit saja.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya