Cuma butuh 5 menit, ini cara cepat cairkan ikan beku dari freezer tanpa air panas dan cuka

Cuma butuh 5 menit, ini cara cepat cairkan ikan beku dari freezer tanpa air panas dan cuka
foto:YouTube/EmmaHS Official

Brilio.net - Tempat paling ideal untuk menyimpan stok ikan adalah kulkas, lebih tepatnya dalam freezer. Bukan tanpa alasan, ikan jadi salah satu bahan makanan yang mudah terkontaminasi dan busuk kalau disimpan di suhu ruang. Oleh karena itu, stok ikan biasanya disimpan dalam freezer yang bersuhu dingin.

Saat disimpan di dalam freezer, ikan akan membeku. Kondisi inilah yang membuat bakteri di dalamnya tidak bisa berkembang. Alhasil, stok ikan akan tahan lama sampai hitungan minggu, bahkan berbulan-bulan, lho.

Sayangnya, hal ini juga menimbulkan tantangan tersendiri. Kondisi ikan yang beku membuat teksturnya sangat keras. Kalau sudah begini, mau nggak mau kamu harus mencairkannya terlebih dahulu saat akan mengolahnya.

Sejumlah orang biasanya akan memindahkan ikan ke bagian chiller. Lalu daging akan didiamkan selama semalaman agar teksturnya melunak. Namun cara ini terbilang tidak efektif kalau kamu keburu-buru ingin mengolah ikan.

Sebagai gantinya, kamu bisa menggunakan sebuah cara khusus untuk mencairkan ikan beku dengan cepat. Caranya pernah dibagikan oleh pengguna Instagram @arnianingsih. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku bisa mencairkan ikan beku dalam waktu 5 menit saja, lho. Tertarik untuk mencoba?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya