Cuma pakai satu bahan, begini cara menanak beras murah agar bernutrisi

Cuma pakai satu bahan, begini cara menanak beras murah agar bernutrisi
Beras murah pun bisa menghasilkan nasi berkualitas baik~ |

Tak hanya bikin rasanya lebih enak, namun nasi yang dihasilkan pun juga memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Trik yang dilakukan pun mudah ditiru di rumah, karena kamu hanya perlu menambahkan satu bahan makanan ke dalam campuran beras saat dimasak, yakni tepung beras.

Trik satu ini oleh pengguna Twitter bernama Danang. Pria satu ini memang dikenal dengan cuitan-cuitannya yang sering membocorkan trik kenikmatan suatu makanan. Lewat salah satu cuitannya, ia membeberkan rahasia memasak beras murah agar menghasilkan nasi enak dan bernutrisi.

"Tepung beras, selain untuk mie dan kopi. Bisa juga digunakan untuk menyulap beras murah menjadi beras mahal," tulisnya dilansir BrilioFood pada Kamis (8/12).

Cuma pakai satu bahan, begini cara menanak beras murah agar bernutrisi

foto: pexels.com

Saat memasak nasi menggunakan panci maupun rice cooker, kamu bisa mencampurkan satu sendok teh tepung beras dalam setiap satu kilogram beras. Tepung beras yang digunakan pun berasal dari hasil rendaman yang didiamkan selama satu jam lalu dikeringkan di bawah terik matahari.

"Dikeringkan, tapi jangan terlalu kering. Kalau 1 ons beras, ya cukup 1/4 jam saja. Setelah ditumbuk halus, dikeringkan di terik matahari; biar gak cepat bau," ujarnya.

Penggunaan tepung beras ini bertujuan untuk menghambat proses terjadinya air tajin saat beras sedang dimasak. Tak hanya itu, tepung beras pun menghambat proses penguapan, sehingga tidak banyak nutrisi dari beras yang hilang.

Cuma pakai satu bahan, begini cara menanak beras murah agar bernutrisi

foto: Twitter/@lintingdhewek

Selain itu, penambahan tepung beras pun berguna untuk mempercepat proses pemadaman zat kapur aktif yang terkandung dalam air. Zat kapur aktif tersebut bisa menghasilkan exotherm yang tidak dianjurkan untuk masuk ke dalam tubuh manusia. Pasalnya, zat tersebut akan bereaksi pada sistem pencernaan.

Oleh karena itu, kamu bisa memanfaatkan tepung beras saat sedang memasak nasi. Caranya bisa menaburkan tepung beras di atas air ataupun diaduk rata dengan beras yang ada di rice cooker. Namun hal itu berbeda saat kamu memasak nasi menggunakan panci.

Jika kamu memasak nasi dengan panci, tepung beras yang ditambahkan takarannya sama dengan memasak menggunakan rice cooker, namun waktunya yang berbeda. Tepung beras ditambahkan saat mengaduk nasi di kondisi setengah matang atau biasa disebut dengan ngaru.

Cuma pakai satu bahan, begini cara menanak beras murah agar bernutrisi

foto: Twitter/@lintingdhewek

"Seperti biasa menanak nasi di rice cooker. Cuma ditambahkan tepung beras aja. Diaduk rata dengan air dan beras, boleh. Ditabur di atasnya juga bisa. Nanti juga rata dengan sendirinya, kalau pakai rice cooker. Tapi kalau pakai dandang, berarti saat ngaru," tulisnya.

Tweet yang ditulis oleh akun Twitter/@lintingdhewek ini pun sontak menuai perhatian warga Twitter lainnya. Selain di-retweet 491 kali, tweet tersebut juga mendapatkan likes sebanyak 24,5 ribu. Tak hanya itu, banyak juga warganet yang merasa terbantu dengan trik tersebut.

"Baik, matursuwun infonya Pak," tulis akun Twitter/@theordinarywom.

"Pak danang, tetap share hal hal bermanfaat ya di twitter pak. Terimakasih pak. Respect!" ujar akun Twitter/@Alssndro_W.

"Makasih pak danang ilmu nya sangat bermanfaat bg saya," ucap akun Twitter/@ekayuliana903.

"Terima kasih pak infonya, besok mau dicoba," sahut akun Twitter/@bambutuaaa.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya