Jangan asal beli, ini cara memilih botol minum plastik yang aman untuk dipakai berulang

Jangan asal beli, ini cara memilih botol minum plastik yang aman untuk dipakai berulang
Perhatikan keterangan angka di bagian bawah botol |

Kenapa sih kita harus memperhatikan tulisan angka yang ada pada botol plastik? Dilansir BrilioFood dari learn.eartheasy.com pada Kamis (19/1), tulisan angka ini dimulai dari satu sampai tujuh. Selain itu, tulisan angka juga dilengkapi dengan panah berbentuk segitiga yang mengelilinginya. Nah, tanda ini bisa membantu mengidentifikasi tipe plastik pada botol minum itu sendiri.

Jangan asal beli, ini cara memilih botol minum plastik yang aman untuk dipakai berulang

foto: wikipedia.org

Lantas, apa sih maksudnya tipe botol plastik dengan angka satu? Angka satu ini disebut pula dengan istilah PET atau Polyethylene Terephthalate. Botol minum dengan keterangan angka satu ini hanya bisa digunakan satu kali saja. Jika dipakai berulang, botol ini dapat berisiko menumbuhkan bakteri dan melarutkan karsinogen ke dalam tubuh.

Dilansir dari cancer.org, karsinogen dikenal sebagai zat yang apabila masuk ke dalam tubuh bisa bikin sel kanker berkembang. Nah, botol dengan keterangan angka satu yang sudah digunakan satu kali harus langsung dibuang agar dapat didaur ulang menjadi produk-produk tekstil.

Kalau kamu berencana membeli botol minum plastik yang dapat dipakai berulang, sebaiknya perhatikan keterangan angka di bagian bawah botol. Dilansir dari onegreenbottle.com, botol plastik yang aman dipakai berulang antara lain dengan keterangan nomor dua (High-Density Polyethylene), empat (Low-Density Polyethylene), serta lima (Polypropylene).

Jangan asal beli, ini cara memilih botol minum plastik yang aman untuk dipakai berulang

foto: Pexels/Anna Shvets

Mulai sekarang, nggak perlu khawatir lagi soal penggunaan botol minum berbahan plastik, kan? Selain pada botol, kamu juga bisa menerapkan cara ini pada alat berbahan plastik lainnya, seperti kotak bekal, piring, mangkuk, dan lain-lain.

Menilik kolom komentar di unggahan TikTok @nita.christina, banyak warganet yang akhirnya semakin paham soal memilih botol minum plastik, lho. Beberapa warganet juga memberikan informasi tambahan seputar botol berbahan plastik. Unggahan ini juga sudah mendapat viewers sampai 5.400.000 kali.

"barusan ngecek botol minum tulisan ada tulisan gitu juga," ungkap TikTok @putri tidur.

"paling bener kyknya yg kaca
botolku yg merk itu semuanya meleyot," ujar TikTok @jeruk onlen.

"punya saya gk ada tulisa d bawahnya," kata TikTok @Made Yuliana.

"makasih infonya kk," tulis TikTok @umiilham.

"sama aq klo beli botol atau t4 makan lainnya, pasti aku liat dlu bagian bawahnya tengok segitiga, ada angka brp," jelas TikTok @apa.ajalah.

@nita.christina Brand terkenal pun gak menjamin ya.. jadi kita yg perlu lebih smart pas pilih #fyp #belajarditiktok #ciciclouwny Aesthetic - Tollan Kim

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya