Jangan cuma pakai nanas, trik marinasi daging ini bikin tekstur empuk dan bumbu meresap

Jangan cuma pakai nanas, trik marinasi daging ini bikin tekstur empuk dan bumbu meresap
Membantu bumbu meresap |

Ia menjelaskan cara memarinasi daging yang menurutnya ampuh banget bikin teksturnya jadi empuk tanpa harus direbus terlebih dahulu. Di sisi lain, cara ini juga bisa membantu bumbu meresap hingga ke bagian dalam serat-serat daging, sehingga makanan berbahan daging buatanmu tidak akan hambar usai dimasak.

"Pokoknya ndak pakai rebus-rebus, ungkep-ungkep, presto-prestoan, pokoknya langsung empuk," tegasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Ummi Juan Bidzar pada Rabu (12/7).

Semula, siapkan daging yang sudah dipotong-potong di dalam wadah. Warganet yang akrab disapa Ummi Juan ini menggunakan 1/2 kilogram daging untuk memasak kali ini. Kemudian, bumbui daging pakai garam, kaldu jamur, lada, juga kecap manis secukupnya. Aduk sampai semua bahan tercampur rata.

Jangan cuma pakai nanas, trik marinasi daging ini bikin tekstur empuk dan bumbu meresap

foto: YouTube/Ummi Juan Bidzar

Selanjutnya, marinasi daging menggunakan nanas. Ummi Juan menjelaskan, sebaiknya jangan asal menggunakan nanas karena bisa merusak daging. Untuk 1/2 kilogram daging, nanas yang dipakai cukup setengah buah saja. Kemudian, potong-potong dan parut nanas yang akan dipakai sebagai bahan marinasi.

Setelah diparut, aduk rata dan biarkan daging dimarinasi selama kurang lebih 5 sampai 10 menit. Lantas, setelah dimarinasi, biar proses pengempukan daging tidak berlanjut, daging bisa dicuci menggunakan air sampai tak ada lagi sisa nanas. Lalu, daging pun siap dimasak jadi menu apapun sesuai selera.

"Jangan gunakan terlalu banyak nanas. Terus jangan terlalu lama juga, kalau terlalu lama kita rendamnya, itu dagingnya bakalan hancur banget jadi bubur, jadi dia dagingnya kayak misah-misah gitu (hasilnya) mirip abon," kata Ummi Juan.

Dilansir dari bradleysmoker.com, daging bisa empuk jika dimarinasi pakai nanas karena buah ini mengandung enzim bernama bromelain. Enzim ini dapat bekerja untuk melenturkan serat-serat atau otot pada daging. Dengan begitu, daging bisa menyerap lebih banyak cairan dan jadi empuk.

Jangan cuma pakai nanas, trik marinasi daging ini bikin tekstur empuk dan bumbu meresap

foto: YouTube/Ummi Juan Bidzar

Gimana, tertarik mencoba cara marinasi daging seperti ini? Mengintip kolom komentar pada video milik YouTube Ummi Juan Bidzar, beberapa warganet juga mengaku antusias ingin mencobanya, lho. Unggahan ini juga sudah ditonton lebih dari dua ribu kali.

"Mantap Bun tips dan tutorialnya cara mengempukan daging, ternyata sangat sederhana dan praktis. Cukup pakai parutan nanas dicampur dgn daging yg ingin diempukkan..," kata YouTube @TedonkMedia79.

"Jadi empuk pasti lezat dan enak," sebut YouTube @botakr3373.

"Waalaikumsalam... Wah ini dia tips yg dicari bun, sgt bermanfaat informasinya!" seru YouTube @Semlury.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya