Jangan langsung dipakai, ini cara mencuci daun jeruk agar lebih higienis dan bebas pestisida

Jangan langsung dipakai, ini cara mencuci daun jeruk agar lebih higienis dan bebas pestisida
YouTube/Makdaruk

Brilio.net - Daun jeruk dikenal sebagai salah satu rempah yang sering dipakai memasak. Misalnya untuk aneka tumisan, nasi liwet, kuah soto, nasi goreng, hingga bumbu tabur camilan. Aroma wanginya yang khas pada daun jeruk ini memang bisa bikin masakan jadi semakin nikmat dan sedap.

Di balik aromanya yang sedap, daun jeruk juga punya banyak manfaat bagi tubuh, lho. Dilansir dari maejum.com, daun jeruk bisa membantu meningkatkan kesehatan mulut, kulit, hingga pencernaan. Tapi nggak cuma itu, daun jeruk juga berguna sebagai detoksifikasi darah dan menurunkan peradangan, lho. Nggak heran kalau banyak orang yang kemudian memanfaatkan daun jeruk sebagai bumbu masak.

Karena sering dimanfaatkan, banyak orang kemudian membudidayakan pohon jeruk. Lebih tepatnya, tanaman jeruk purut yang daunnya sering dimanfaatkan sebagai rempah atau bumbu dapur. Nah, hasil daun jeruk yang dibudidaya ini tentu bisa dijual dan pasti laku di pasaran.

Hasil daun jeruk yang dibudidaya ini bisa ditemukan dengan mudah di berbagai pasar, swalayan, atau supermarket dengan harga yang terjangkau. Namun perlu diketahui bahwa, daun jeruk yang dijual di pasaran hasil budidaya ini berpotensi mengandung pestisida seperti halnya sayur atau buah yang dibudidaya dalam jumlah banyak.

Pestisida memang berfungsi untuk mengusir serangga yang menyerang tanaman. Namun karena bahan dasarnya adalah produk kimiawi, maka daun jeruk juga bisa terpapar zat pestisida tersebut. Hal ini tentu bisa berbahaya bagi tubuh jika dikonsumsi begitu saja.

Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya jika daun jeruk dicuci terlebih dahulu. Proses pencucian ini pun harus diperhatikan agar pestisida, kotoran, hingga debu di permukaan daun jeruk benar-benar hilang. Dengan begitu, daun jeruk tentu lebih aman digunakan dan dikonsumsi nantinya.

Jika bingung cara mencucinya, kamu bisa menilik sebuah tutorial sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube Makdaruk. Dalam salah satu video yang diunggah, dia menjelaskan lebih lanjut tentang pentingnya memerhatikan proses pencucian daun jeruk.

"Untuk mencucinya juga harus hati-hati. Karena biasanya ada ulat, hama, dan kotoran. Nah, ini ada cara yang lebih efektif mencuci daun jeruk biar hama dan kotorannya itu ambyar," terang YouTube Makdaruk.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya