Pakai 1 bumbu dapur, begini cara menjernihkan minyak goreng yang kotor

Pakai 1 bumbu dapur, begini cara menjernihkan minyak goreng yang kotor
Praktis Buat Ditiru Di Rumah~ |

Bahan tersebut adalah bawang bombay. Caranya, siapkan dulu minyak di atas wajan, lalu panaskan di atas api kompor sedang. Sembari menunggu minyaknya panas, kupas dan potong-potong bawang bombay dengan ukuran sesuai selera dan masukkan ke dalam minyak.

"Nggak harus (dipotong) halus ya teman-teman," jelas Muin, dikutip BrilioFood dari YouTube Bang muin channel pada Sabtu (15/7).

Pakai 1 bumbu dapur, begini cara menjernihkan minyak goreng yang kotor

foto: YouTube/Bang muin channel

Goreng bawang bombay di minyak yang kotor tersebut sampai tekstur bawang terlihat lentur dan warnanya kecokelatan. Jika sudah, langsung matikan api kompor dan saring minyaknya ke wadah lain. Muin mengatakan, minyak miliknya yang sebelumnya sudah kehitaman dan kotor jadi jauh lebih jernih lantaran sudah dimasak bersama bawang bombay.

Pakai 1 bumbu dapur, begini cara menjernihkan minyak goreng yang kotor

foto: YouTube/Bang muin channel

Gimana, menarik banget kan cara menjernihkan minyak seperti ini? Tetapi perlu diingat, sebaiknya jangan sering-sering menggunakan minyak goreng secara berulang agar tidak membahayakan kesehatan. Di sisi lain, jika tak ingin dipakai lagi, minyak yang sudah dijernihkan ini bisa pula didaur ulang menjadi bahan lain seperti lilin, sabun, dan lainnya, lho.

Menilik kolom komentar di unggahan milik YouTube Bang muin channel, tak sedikit warganet yang antusias dengan cara menjernihkan minyak goreng ini, lho. Video ini juga sudah ditonton lebih dari 594 ribu kali.

"Kebetulan saya usaha kripik tempe, Hadir menyimak info membeningkan jelantah. teriring doa semoga panjenengan sehat selalu dan semakin sukses," ujar YouTube @LukmanRepublik.

"Kalo saya membeningkan jelantah cuma pake tepung terogu insyaallah bening," ucap YouTube @yetirohaeti242.

"Cukup didaur 3 kali saja, rumus kimia berubah bila pemanasan sampai berasap dan tidak baik untuk kesehatan," jelas YouTube @setiadarmawan2212.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya