Rahasia adonan telur gulung ala pedagang kaki lima, mudah digulung dan antigagal

Rahasia adonan telur gulung ala pedagang kaki lima, mudah digulung dan antigagal
TikTok/@agakenyang_

Brilio.net - Selain murah, telur gulung juga enak, lho. Nggak heran kalau jajanan satu ini jadi favorit anak-anak sampai orang dewasa. Banyaknya penggemar jajanan tersebut pun membuat para pedagang telur gulung semakin menjamur. Kamu bisa dengan mudah menemukan pedagang telur gulung di depan sekolah, pasar, atau pinggir jalan.

Sekilas, cara pedagang memasak telur gulung ini memang simpel dan cepat. Adonan telur yang sudah dikocok langsung dituang di atas minyak goreng panas. Setelah itu, adonan telur segera digulung dengan tusukan lidi.

Jika dilihat-lihat, proses tersebut memang tampak sepele. Namun saat dipraktikkan di rumah, nyatanya tidak semudah itu, lho. Sebagian orang yang membuat telur gulung di rumah bahkan kerap gagal menggulung adonannya. Seringkali telur malah terlepas dan tidak menempel dengan baik di tusukan.

Usut punya usut, ada beberapa hal yang bisa memengaruhi telur lebih mudah digulung, nih. Salah satu faktor penentunya terletak pada adonan telur yang digunakan. Hal inilah yang pernah dipaparkan oleh pengguna TikTok bernama @agakenyang_.

Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku telah mendapat bocoran tentang telur gulung yang dibuat oleh pedagang kaki lima. Jadi sebenarnya, adonan telur gulung tersebut tidak hanya dibuat dari telur saja. Namun ada tambahan bahan lain yang digunakan.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya