Tak banyak yang tahu, ini trik unik ayak tepung supaya tidak berserakan dan menggumpal

Tak banyak yang tahu, ini trik unik ayak tepung supaya tidak berserakan dan menggumpal
YouTube/Trick with Mahnaz

Brilio.net - Tepung bisa digunakan baik untuk masak atau bikin kue. Fungsi tepung buat masak berkuah bisa membuat tekstur kuah serta saus jadi lebih kental. Sementara untuk membuat kue, tepung berguna untuk menghasilkan tekstur tertentu pada adonan.

Tepung yang biasa digunakan buat masak dan bikin kue pun jenisnya beragam. Contohnya ada tepung terigu, beras, maizena, tapioka, sagu, dan lain sebagainya. Setiap jenis tepung pastinya punya karakter masing-masing. Salah satunya tepung tapioka yang berbeda dengan terigu, karena menghasilkan tekstur lebih kenyal.

Meski berbeda-beda, tapi cara penggunaan tepung, terutama saat bikin adonan biasanya sama, yaitu diayak terlebih dahulu. Proses ayak ini penting untuk dilakukan lantaran dapat mencegah adanya gumpalan tepung di dalam adonan. Kalau masih ada tepung menggumpal, hasil hidangan bisa-bisa kurang nikmat saat disantap, lho.

Namun, proses ayak ini seringkali dianggap menyebalkan oleh sejumlah orang. Pasalnya, tepung sering jatuh berserakan di sekitar wadah saat proses mengayak. Kalau sudah berserakan, tepung akan sulit dibersihkan. Alhasil, jadi tambah banyak PR untuk bersih-bersih setelah masak atau bikin kue, kan?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya