Tak cepat basi, begini trik bikin kolak pisang agar rasanya tidak asam dan sepat

Tak cepat basi, begini trik bikin kolak pisang agar rasanya tidak asam dan sepat
YouTube/Pawon Teh Uwi

Brilio.net - Kolak dikenal sebagai sajian dengan cita rasa manis gurih. Hidangan penutup atau dessert khas Indonesia ini biasanya terbuat dari bahan dasar gula aren, santan, dan daun pandan untuk kuahnya. Sedangkan isiannya, kamu bisa menggunakan berbagai macam bahan, salah satunya adalah pisang.

Kolak pisang menjadi salah satu varian kolak yang paling banyak disukai orang. Tekstur lembut dan rasa manis dari pisang akan semakin nikmat dipadu dengan kuah kolak yang lezat. Namun tak hanya enak, kolak pisang pun cenderung mudah dibuat, lho.

Walaupun begitu, banyak orang terkadang mengeluh tentang hasil kolak yang tidak sesuai ekspektasi. Alih-alih manis, kolak pisang terkadang terasa asam dan sepat sesaat setelah dimasak. Hal ini tentu bikin kolak jadi kurang enak, ya.

Selain menurunkan selera makan, kolak pisang yang asam juga cenderung tidak tahan lama atau mudah basi, lho. Kadar asam yang tinggi dapat mempercepat pertumbuhan bakteri dan jamur, yang kemudian membuat kolak jadi tak layak untuk dikonsumsi bahkan lebih cepat rusak.

Namun tak perlu khawatir, rasa asam pada kolak ini bisa dihindari jika dibuat dengan proses yang tepat. Seorang pengguna YouTube Pawon Teh Uwi pernah membagikan trik membuat kolak pisang agar tak asam dan sepat. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku hanya menggunakan trik atau cara yang sederhana.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya