Tak pakai jeruk nipis, ini cara mencuci ikan agar bebas lendir dan antiamis cuma dengan 1 bahan dapur

Tak pakai jeruk nipis, ini cara mencuci ikan agar bebas lendir dan antiamis cuma dengan 1 bahan dapur
foto: Instagram/@sakinahsil

Brilio.net - Ikan termasuk salah satu sumber protein yang baik. Nggak cuma proteinnya yang tinggi, ikan juga punya nutrisi lainnya. Dilansir dari doh.wa.gov, ikan punya omega-3, vitamin D, zink, zat besi, magnesium, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika ikan dilewatkan begitu saja.

Ikan bisa diolah jadi berbagai hidangan yang menggugah selera. Mulai dari digoreng, dibakar, dipanggang, dipepes, dan masih banyak lagi. Nah, sebelum diolah jadi berbagai masakan, ikan harus dibersihkan terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari olahan ikan berbau amis saat disantap.

Agar tidak amis, ikan nggak cukup untuk dibilas pakai air biasa. Sejumlah orang biasanya melumuri seluruh permukaan ikan pakai air jeruk nipis. Setelah didiamkan beberapa saat, baru bilas ikan pakai air bersih. Aroma jeruk nipis yang kuat dipercaya ampuh untuk memudarkan bau amis pada ikan.

Meski begitu, sayangnya terkadang permukaan ikan masih terasa licin saat dipegang. Usut punya usut, hal ini disebabkan karena lendir di bagian luar kulit ikan yang masih tersisa.

Untuk membersihkan ikan secara maksimal, kamu bisa meniru yang dilakukan pengguna Instagram @sakinahsil. Di salah satu videonya, ia menunjukkan setiap tahapnya saat membersihkan jenis ikan air tawar sebelum dimasak. Menurutnya, penggunaan air jeruk nipis nggak bisa membersihkan ikan secara maksimal. Harus gimana, dong?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya