Tanpa cuka, ini cara mudah hilangkan formalin pengawet pada ikan laut cuma pakai 1 bahan dapur

Tanpa cuka, ini cara mudah hilangkan formalin pengawet pada ikan laut cuma pakai 1 bahan dapur
YouTube/Lailah Elmi Al yafei

Brilio.net - Agar ikan laut tidak busuk dan tahan lama, biasanya akan diberi pengawet salah satunya formalin. Formalin adalah larutan yang tidak berwarna dan baunya sangat menyengat. Zat kimia satu ini biasanya digunakan sebagai campuran desinfektan, pengawet kayu, dan masih banyak lagi.

Mengetahui hal itu, formalin sangat berbahaya bagi kesehatan jika dikonsumsi. Bahkan, dilansir dari medicalnewstoday.com, dalam jangka panjang formalin akan menyebabkan penyakit ginjal sampai kanker. Oleh karena itu, kamu harus lebih selektif saat membeli ikan laut.

Tapi kalau masih ragu, kamu bisa melakukan deformalisasi atau menghilangkan formalin pada ikan laut tersebut. Caranya cukup mudah dipraktikkan di rumah.

Sebelum dicuci bersih, ikan laut tinggal direndam pakai larutan cuka selama beberapa menit. Dilansir dari researchgate.net, menurut dosen Perikanan Teknologi Pasca Panen Ilmu Kelautan UNDIP Semarang, penggunaan larutan cuka ini dapat mengurangi konsentrasi formalin pada ikan laut. Nggak main-main, kadar formalin akan hilang sebanyak 99,83 persen.

Namun nggak cuma pakai cuka, kamu bisa juga menggunakan bahan dapur lainnya untuk proses deformalisasi ikan laut. Seorang pengguna YouTube bernama Lailah Elmi Al yafei membagikan cara tersebut melalui salah satu video yang diunggah.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya