Tak pakai larutan terigu, ini trik menjernihkan minyak goreng bekas pakai 1 bahan dapur

Tak pakai larutan terigu, ini trik menjernihkan minyak goreng bekas pakai 1 bahan dapur
TikTok/@justmerisma

Brilio.net - Berbagai jenis ikan, baik tawar maupun laut bisa diolah jadi berbagai lauk. Dari banyaknya pilihan, ikan goreng jadi olahan yang paling digemari orang. Bukan tanpa alasan, cara membuat ikan goreng memang terbilang praktis.

Ikan yang sudah dibersihkan, bisa dimarinasi terlebih dahulu bersama bumbu sesuai selera. Agar tidak amis, ikan direndam dengan air perasan jeruk nipis dan garam selama beberapa waktu. Kalau sudah, baru digoreng di minyak yang panas. Setelah matang dan kecokelatan, ikan bisa diangkat sekaligus ditiriskan.

Meski terlihat praktis, proses menggoreng ikan dianggap boros minyak bagi sebagian orang. Karena sisa minyak goreng langsung kotor dan amis setelah dipakai menggoreng ikan. Bahkan meski baru sekali pakai, mau nggak mau minyak goreng harus dibuang begitu saja. Sangat disayangkan, kan?

Padahal tahu nggak sih, minyak goreng bekas ikan ini masih bisa digunakan, lho. Ada sebuah cara untuk membuat minyak goreng kembali jernih dan bebas bau amis. Misalnya dituangi larutan tepung terigu. Dengan begitu, kotoran di minyak goreng akan menempel di larutan terigu tersebut.

Tapi nggak melulu harus pakai tepung terigu, ternyata ada cara lain yang bisa kamu lakukan untuk menjernihkan minyak goreng bekas ikan. Cara ini pernah dibagikan oleh warganet bernama Risma. Di salah satu unggahan TikToknya, ia menunjukkan kondisi minyak gorengnya usai dipakai goreng ikan.



(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya