Tak perlu arang, begini cara mudah menghilangkan racun pada ikan tongkol agar lebih aman dikonsumsi

Tak perlu arang, begini cara mudah menghilangkan racun pada ikan tongkol agar lebih aman dikonsumsi
YouTube/Mama Ryunaa

Brilio.net - Ikan tongkol mudah didapat dan rasanya pun lezat, cocok dimasak jadi berbagai menu.

Sayangnya, belum banyak yang mengetahui bahwa jenis ikan ini bisa sangat beracun, lho. Dilansir dari rsnas.kulonprogokab.go.id, salah satu jenis keracunan yang sering terjadi pada ikan tongkol adalah keracunan histamin (scombroid fish poisoning) karena jenis ikan ini mengandung asam amino histidin yang dikontaminasi oleh bakteri dengan mengeluarkan enzim histidin dekarboksilase, sehingga menghasilkan histamin.

Pada dasarnya, histamin merupakan senyawa yang dilepaskan tubuh ketika terpapar alergen atau zat yang menyebabkan reaksi alergi. Reaksi yang ditimbulkan tiap orang pun bisa berbeda-beda, mulai dari rasa gatal, sensasi terbakar di mulut, bibir bengkak, wajah kemerahan, hingga sakit kepala dan muntah.

Keracunan ikan tongkol ini tidak terjadi begitu saja. Umumnya kandungan histamin tersebut meningkat karena dua hal. Pertama, ikan tidak segera didinginkan setelah ditangkap. Kedua, ikan tidak disimpan pada suhu yang tepat sebelum dikonsumsi. Jika dua hal itu terjadi, kandungan histamin pada ikan akan tinggi dan bisa menyebabkan alergi pada orang yang mengonsumsinya.

Tapi tak perlu khawatir, untuk mengantisipasi hal tersebut, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Selain mengonsumsinya dalam kondisi segar, ikan yang sudah telanjur disimpan bisa juga diolah dengan arang. Jadi ikan tongkol akan dimasukkan ke air yang sudah dicampur arang. Nah, perendaman ini dipercaya dapat menetralisir racun di dalamnya.

Namun jika di rumah sedang tidak ada arang, kamu bisa meniru tutorial sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube Mama Ryunaa. Melalui salah satu video yang diunggah, dia sebelumnya pernah mengaku keracunan setelah mengonsumsi ikan tongkol. Alhasil, dia pun mencari cara untuk menghilangkan racun tersebut agar ikan tongkol lebih aman dikonsumsi.

"Cara ini sdh aku lakukan sejak bbrp tahun lalu diinformasikan oleh penjual ikan langgananku Dan sangat bermanfaat. sebelum sy temukan tipsnya sy jg pernah keracunan ikan..rasanya puyeng dan kyk mata mau lepas," ungkap YouTube Mama Ryunaa, dikutip BrilioFood pada Senin (16/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya