Tak perlu bahan atau alat khusus, ini trik basmi semut dan kutu pada beras

Tak perlu bahan atau alat khusus, ini trik basmi semut dan kutu pada beras
YouTube/Amira Saali

Brilio.net - Beras sering dihinggapi atau dihampiri beberapa kutu serta hama, tak terkecuali semut dan kutu. Bagaimana tidak, tumpukan beras yang lembap menjadi tempat ideal bagi kutu untuk bersarang di dalamnya. Selain itu, beras (terutama beras putih) juga mengandung kalori dan gula tinggi, sehingga semut pun ikut berdatangan.

Tak hanya itu, kondisi penyimpanan beras juga bisa memengaruhi datangnya semut dan kutu, lho. Jika beras disimpan di wadah yang kurang bersih dan diletakkan di area lembap atau gelap, tentu kedua serangga tersebut bisa dengan mudah berdatangan. Jika dibiarkan terlalu lama, semut dan kutu akan bersarang dan berkembang biak di dalam tumpukan beras.

Semakin banyak semut dan kutu tentu bisa memengaruhi kualitas beras. Selain kotor, beras juga akan lebih sulit digunakan. Kamu harus memisahkan semut dan kutu yang sudah bercampur dengan beras. Super ribet dan akan memangkas banyak waktu memasak.

Daripada capek-capek memisahkan semut dan kutu secara manual, kamu bisa meniru trik membersihkan beras yang dibagikan oleh pengguna YouTube Amira Saali. Melalui salah satu video yang diunggah, dia membeberkan trik membasmi semut dan kutu yang terlanjur mengontaminasi beras. Caranya pun sederhana karena kamu tak perlu menyiapkan bahan atau alat khusus.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya