Tak perlu cuka atau baking soda, begini cara cepat bersihkan lap dapur agar bebas bau dan bakteri

Tak perlu cuka atau baking soda, begini cara cepat bersihkan lap dapur agar bebas bau dan bakteri
TikTok/@_ekuabee_

Brilio.net - Kalau mau membersihkan dapur, kamu pasti menggunakan kain lap khusus. Biasanya kain lap ini didesain memiliki daya serap yang tinggi. Oleh sebab itu, kain lap dapur bisa membantu menghilangkan aneka noda, seperti dari minyak, saus, hingga tumpahan kuah masakan.

Seiring penggunaan, kain lap dapur ini bisa jadi kotor atau bahkan dekil dan kusam. Sebagian besar orang biasanya akan mencuci kain lap ini seperti mencuci baju biasa. Karena terbuat dari kain, jadi kain lap akan dibersihkan dengan detergen seperti mencuci baju pada umumnya.

Padahal berbeda dari kain biasa, lap dapur menyimpan banyak sekali kotoran, noda, bahkan bakteri di dalamnya. Tak hanya itu, kompilasi noda tersebut bahkan bisa membuat kain lap dapur jadi bau. Selain itu, noda-noda yang terakumulasi juga membuatnya jadi penuh bakteri.

Sekalipun kain lap sudah dicuci dengan detergen dan nodanya sudah hilang, namun bau dan bakteri di dalamnya biasanya masih tetap menempel. Hal inilah yang kemudian membuat sebagian orang memilih mencuci lap dapur dengan cara dan bahan khusus. Salah satunya adalah dengan menambahkan baking soda dan cuka ke dalam campuran detergen. Penambahan bahan tersebut dipercaya dapat membantu menghilangkan bau dan bakteri di dalam lap dapur.

Namun jika stok cuka atau baking soda sedang habis, kamu bisa menggunakan bahan lain seperti yang dilakukan pengguna TikTok @_ekuabee_. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku membersihkan lap dapur hanya dengan sabun. Namun ada teknik khusus yang diterapkan supaya bekas bau dan bakteri pada kain lap jadi hilang.

"Did you know that they smell due the buildup of grease fabric softeners and detergents? And if food and grease is now properly rinsed out before washing, even the best detergenst can not remove the smell enturely from it (tahukah kamu bahwa bau tersebut disebabkan oleh penumpukan lemak pada pelembut dan deterjen? Dan jika makanan dan lemak dihilangkan dengan benar sebelum dicuci, bahkan deterjen terbaik pun tidak dapat menghilangkan bau tersebut secara menyeluruh)," terang TikTok @_ekuabee_, dikutip BrilioFood pada Minggu (22/10).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya