Tak perlu direndam air cuka, begini cara merebus terong agar warnanya tetap ungu cantik dan tak hitam

Tak perlu direndam air cuka, begini cara merebus terong agar warnanya tetap ungu cantik dan tak hitam
foto: TikTok/@sc0rpio_11

Brilio.net - Terong termasuk salah satu jenis sayur yang disukai banyak orang. Bukan tanpa sebab, rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat terong kerap dipilih sebagai menu makan harian. Selain itu, jenis sayur satu ini juga bisa dimasak dengan berbagai macam bumbu lezat.

Namun sebelum dimasak dengan bumbu, terong perlu diolah terlebih dahulu agar matang dan teksturnya empuk. Di antara berbagai metode memasak, merebus seringkali dipilih karena lebih cepat. Selain itu, merebus terong juga dinilai lebih sehat karena terong dapat meminimalisir adanya kandungan minyak di terong.

Tapi perlu diketahui bahwa merebus terong berpotensi membuat warnanya berubah kehitaman. Lantas untuk mengatasi hal tersebut, sejumlah orang biasanya akan menggunakan metode khusus. Misalnya dengan merendam terong dalam air cuka terlebih dahulu. Selain itu, ada juga yang menambahkan cuka ke dalam air rebusan terong.

Pada dasarnya, cuka dinilai dapat mencegah oksidasi pada terong ketika direbus. Namun jika stok cuka di rumah sedang habis, kamu bisa menggunakan metode lain seperti yang dilakukan pengguna TikTok @sc0rpio_11. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku langsung merebus terong tanpa merendamnya terlebih dahulu. Namun ada sejumlah bahan dapur lain yang ditambahkan ke air rebusan agar warna ungu pada terong tetap cantik dan cerah.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya