Tak perlu direndam, ini trik mengolah bihun agar tak menggumpal dan mudah putus

Tak perlu direndam, ini trik mengolah bihun agar tak menggumpal dan mudah putus
YouTube/Mayarnis Annisa Channel

Brilio.net - Di antara banyaknya jenis karbohidrat, bihun termasuk salah satu yang sering dikonsumsi masyarakat. Bahan makanan satu ini biasanya terbuat dari jagung, tepung beras, hingga saripati kacang hijau yang mengandung karbohidrat tinggi. Oleh sebab itu, mengonsumsi bihun dapat membuat perut jadi kenyang.

Selain mengenyangkan, bihun juga bisa diolah jadi berbagai macam masakan, lho. Mulai dari sup, bihun goreng, atau bahkan isian gorengan seperti lumpia dan risol. Sebagian besar olahan bihun ini merupakan makanan atau camilan gurih yang menggugah selera.

Namun apa saja olahannya, biasanya bihun akan diproses dengan cara yang sama. Pada tahap pengolahan, bihun biasanya akan direndam dalam air panas supaya jadi lentur. Tekstur bihun yang lentur membuatnya lebih mudah diolah lagi jadi berbagai macam masakan.

Meski sekilas tampak mudah, namun terkadang hasil bihun justru tidak sesuai ekspektasi, lho. Dalam beberapa kasus, bihun yang sudah direndam justru jadi menggumpal. Selain itu, jika terlalu lembek, bihun akan mudah putus dan jadi sulit diolah.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ada sejumlah metode khusus yang harus dilakukan saat hendak mengolah bihun. Agar antigagal, kamu bisa meniru metode yang dilakukan oleh pengguna YouTube Mayarnis Annisa Channel. Melalui salah satu video YouTube Shorts yang diunggah, dia mengaku menggunakan trik khusus saat mengolah bihun.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya