Tak perlu ditambah rempah, ini trik ampuh mengusir semut di toples gula

Tak perlu ditambah rempah, ini trik ampuh mengusir semut di toples gula
foto: TikTok/@itsagathachristy

Brilio.net - Dapur dan meja makan menjadi tempat yang paling sering didatangi semut. Berbagai macam bahan makanan yang terdapat pada area tersebut menjadi alasan semut datang untuk mencari makan. Bahkan jika ada stok bahan makanan yang tidak dikemas dengan baik, koloni semut bisa langsung mengerubunginya.

Pada umumnya, semut cenderung tertarik dengan makanan manis seperti gula. Aroma gula yang manis ini bisa dideteksi dengan mudah oleh semut, sekalipun dari jarak yang sangat jauh. Oleh sebab itu, jika ada tumpahan gula, dalam sekejap, semut akan langsung berdatangan.

Lantas supaya terhindari dari semut, banyak orang kemudian menyimpan gula ini di dalam toples kedap udara. Wadah ini dipercaya mampu menghalau semut agar tidak bisa masuk. Selain itu, kualitas gula juga tetap baik dalam waktu yang lama.

Sayangnya perlu diketahui bahwa ukuran semut yang sangat kecil terkadang masih bisa memasuki celah sempit pada toples. Jika tidak ditutup dengan rapat, koloni semut akan langsung masuk ke dalam toples gula tersebut. Bahkan semut-semut tersebut bisa membuat sarang di dalamnya.

Gula yang sudah terkontaminasi oleh semut ini tentu jadi sulit digunakan. Bukan tanpa sebab, kamu harus memisahkan satu per satu semut di dalam toples tersebut. Lantas, gula yang sudah bersih dari semut ini baru bisa dicampur ke dalam makanan atau minuman.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya