Tak perlu ganti baru, ini trik mudah mengatasi selang tabung gas yang bocor dan sobek

Tak perlu ganti baru, ini trik mudah mengatasi selang tabung gas yang bocor dan sobek
foto: YouTube/KANG BADOG

Brilio.net - Selang tabung gas menjadi salah satu komponen penting untuk mengoperasikan kompor. Alat satu ini berfungsi untuk mengalirkan gas dari tabung elpiji ke kompor untuk kemudian diubah menjadi api. Jika aliran gas ini lancar, api yang dihasilkan juga bisa biru dan besar.

Selang tabung gas yang banyak digunakan masyarakat Indonesia biasanya terbuat dari karet yang elastis. Karet ini cenderung kokoh karena dilapisi oleh 2-3 bagian. Oleh sebab itu, selang tabung gas termasuk barang awet yang bisa dipakai 1-3 tahun lamanya.

Namun dalam beberapa kasus, selang tabung gas ini terkadang mengalami kerusakan, lho. Salah satu masalah yang kerap terjadi yakni adanya bagian yang sobek. Selang tabung gas yang sobek bisa membuat gas yang mengalir jadi bocor. Tentu hal ini dapat menimbulkan kecelakaan fatal jika dibiarkan begitu saja.

Umumnya, selang tabung gas memang harus diganti setelah maksimal 3 tahun pemakaian karena kondisi karet yang sudah lapuk. Namun jika sebelum itu selang sudah sobek, sedangkan kondisinya masih bagus, kamu bisa tetap menggunakannya, lho. Ada sebuah trik sederhana untuk mengatasi kebocoran selang tabung gas tanpa perlu menggantinya.

(brl/mal)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya