Tak perlu garam atau air cucian beras, ini trik melebatkan pohon jeruk purut pakai 1 bahan dapur

Tak perlu garam atau air cucian beras, ini trik melebatkan pohon jeruk purut pakai 1 bahan dapur
YouTube/Ayo Menanam

Brilio.net - Setiap orang punya hobi masing-masing yang dianggap menyenangkan. Hobi tersebut bisa membantu menghilangkan stres. Salah satu hobi yang dimiliki banyak orang adalah bercocok tanam.

Ada banyak jenis tanaman yang bisa dirawat di pekarangan rumah, lho. Baik tanaman hias, sayuran, sampai buah-buahan.

Seringkali, orang-orang yang gemar merawat tanaman, memilih jenis tanaman yang bisa dimanfaatkan. Misalnya bisa dimakan, dipakai untuk masak, dan lainnya.

Salah satunya adalah pohon jeruk purut yang kaya fungsi. Selain buahnya, pohon jeruk purut pun dapat diambil daunnya buat jadi bumbu masakan.

Ada berbagai teknik merawat pohon jeruk purut. Misalnya stek batang untuk memperbanyak tanaman biar daun atau buah yang dapat dipanen jadi lebih banyak. Namun, banyak orang mencoba teknik stek tapi daunnya malah tak kunjung lebat atau pohonnya tak tumbuh sama sekali. Nah, biar nggak gagal lagi, kamu bisa meniru sejumlah trik yang seliweran di media sosial.

Biasanya, orang-orang menggunakan garam ataupun air bekas mencuci beras buat menutrisi tanaman jeruk purut supaya pertumbuhannya semakin baik. Di sisi lain, kalau kamu tak ingin pakai kedua bahan tersebut, masih banyak lagi trik yang bisa kamu tiru, lho. Salah satu trik lainnya sempat dibagikan oleh warganet di akun YouTube Bunda Nisa Official, nih.

Usut punya usut, ia hanya memanfaatkan satu bahan dapur untuk merangsang pertumbuhan pohon jeruk purut yang ditanam lewat teknik stek. Sebelum menggunakan bahan dapur tersebut, warganet akrab disapa Nisa mengatakan, sebaiknya pilih batang pohon jeruk purut yang tepat agar bisa tumbuh dengan baik.

"Usahakan kita pilih dari pohon yang sudah berbuah ya teman-teman, agar nanti tumbuhnya bisa berbuah pula," jelasnya, dikutip BrilioFood dari YouTube Bunda Nisa Official pada Sabtu (11/11).

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya