Tak perlu jeruk nipis, ini cara cuci udang agar bersih dan bebas bau amis pakai 2 bahan dapur

Tak perlu jeruk nipis, ini cara cuci udang agar bersih dan bebas bau amis pakai 2 bahan dapur
YouTube/Yuni’s Kitchen

Brilio.net - Udang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan. Dilansir dari healthline.com, per 85 gr udang, terkandung 20 gram protein. Nggak cuma protein, udang juga mengandung fosfor, kalium, magnesium, kalsium, dan lainnya.

Udang bisa diolah jadi banyak menu. Nggak cuma digoreng, udang pun cocok dimasak jadi isian dimsum, campuran bakwan, dibakar, dijadikan nugget, maupun diolah jadi masakan lain.

Namun sebelum dimasak, udang harus dibersihkan terlebih dahulu. Berbeda dengan bahan makanan lainnya yang langsung dicuci pakai air mengalir, udang harus dibersihkan dengan trik khusus. Karena jika asal, bau amis udang masih tersisa meskipun sudah diolah dengan berbagai bumbu.

Nah, panci bekas mencuci udang bisa dicuci dengan sabun cuci piring yang mudah dibilas. Sebaiknya gunakan sabun cuci piring yang ramah lingkungan, yang juga bisa dipakai untuk mencuci sayur dan buah. Banyak sekali sabun sabun cuci piring di e-commerce, berikut rekomendasinya.

Sejumlah orang pun lantas memarinasi udang pakai air jeruk nipis. Udang direndam selama beberapa waktu baru dibilas pakai air mengalir. Alhasil, bau amis pada udang pun jadi hilang karena sudah direndam pakai air jeruk nipis.

Namun ternyata, fungsi air jeruk nipis ini bisa digantikan dengan bahan dapur lainnya, lho. Dengan begitu, buat yang nggak punya stok jeruk nipis di rumah, tetap bisa membersihkan udang secara maksimal.

Cara ini sempat ditunjukkan oleh pengguna YouTube Yuni’s Kitchen. Di salah satu videonya, menurutnya, dengan cara ini, olahan udang jadi semakin enak karena bebas bau amis meski tanpa air jeruk nipis.

“Tips membersihkan udang biar tidak amis setelah dimasak,” tulisnya di keterangan videonya.


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya