Jangan cuma pakai garam, ini cara bersihkan kangkung agar bebas kotoran dan serangga walau tak dibelah

Jangan cuma pakai garam, ini cara bersihkan kangkung agar bebas kotoran dan serangga walau tak dibelah
YouTube/delicious foods feroyzi

Brilio.net - Salah satu sayuran hijau yang sering dikonsumsi adalah kangkung. Sayuran jenis ini memang mudah didapat, bisa juga dibeli dengan harga terjangkau.

Kangkung pun mengandung banyak nutrisi. Dilansir dari stylecraze.com, sayuran hijau ini dapat mengurangi kadar kolesterol, membantu menyehatkan pencernaan, dan melindungi tubuh dari penyakit jantung.

Namun perlu diketahui bahwa kangkung ini termasuk sayuran yang kerap ditumbuhi parasit. Misalnya ulat, parasit, atau serangga lain. Hal ini disebabkan karena pada saat ditanam, kangkung kerap didatangi hama-hama tersebut.

Nah, hama pada kangkung ini seringkali masih menempel setelah sayuran tersebut dipanen. Bahkan tak jarang yang kemudian hinggap di bagian dalam batang kangkung. Pasalnya, batang kangkung cenderung besar dan lebar, sehingga memungkinkan ulat atau hama lain bersarang di tempat tersebut.

Supaya lebih aman dikonsumsi, tentu hama tersebut harus dibasmi terlebih dahulu sebelum dimasak. Biasanya sebagian orang kerap membelah setiap batang kangkung saat hendak dibersihkan. Cara ini memang efektif dilakukan untuk mengetahui adanya serangga atau hama di bagian tersebut.

Namun selain dibelah satu per satu, ada juga yang memilih cara lebih singkat. Cara ini adalah dengan merendam kangkung di air garam. Larutan garam dipercaya bisa membuat hama yang ada di dalam batang kangkung, keluar dengan sendirinya.

Sayangnya, penggunaan garam terkadang masih belum sepenuhnya efektif, nih. Terkadang, air rendaman garam ini tidak bisa menjangkau bagian dalam batang kangkung. Jika seperti itu, tentu cacing, ulat, dan hama lain akan tetap bersarang di dalamnya.

Biar lebih efektif lagi, kamu bisa meniru sebuah tutorial sederhana yang dibagikan oleh pengguna YouTube delicious foods feroyzi. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku menggunakan bahan lain untuk membersihkan kangkung. Bahan ini bisa lebih efektif membasmi ulat dan serangga berbahaya lain, lho.

"Agar bebas dari berbagai hewan kecil yang berbahaya, seperti cacing, lintah, telur cacing, dan parasit lainnya yang berbahaya bagi kesehatan," ujar YouTube delicious foods feroyzi, dikutip BrilioFood pada Senin (21/8).


(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya