Tak perlu pakai kapur sirih, ini trik bikin adonan peyek biar gurih, renyah, dan awet hingga 1 bulan

Tak perlu pakai kapur sirih, ini trik bikin adonan peyek biar gurih, renyah, dan awet hingga 1 bulan
foto: TikTok/@resepiqoh

Brilio.net - Saat ingin ngemil yang gurih-gurih, keripik bisa jadi solusinya. Banyak jenis keripik yang bisa jadi pilihan menu camilan, seperti keripik pisang, singkong, kentang, sampai peyek. Nah, peyek sepertinya jadi favorit banyak orang karena rasanya enak, gurih, dan renyah.

Peyek biasanya diberi isian aneka bahan, baik kacang, teri, udang rebon, atau lainnya. Selain dijadikan camilan, peyek juga bisa disantap sebagai pendamping makanan, misalnya saat menyantap soto, nasi pecel, gado-gado, dan masih banyak lagi hidangan lainnya. Dijamin, siapa pun pasti auto lahap makan kalau ada keripik satu ini.

Penggemar peyek pasti familiar dengan cara pembuatannya, yakni mencampurkan tepung, bumbu, dan bahan isian agar jadi adonan yang agak cair untuk digoreng di dalam minyak panas. Tapi, ada sejumlah trik yang bisa dipakai untuk bikin adonan peyek yang renyah tahan lama, lho. Salah satunya, kamu bisa menambahkan larutan kapur sirih ke dalam adonan sebelum digoreng.

Namun, bagi sejumlah orang, kapur sirih kerap dianggap sulit didapat atau kurang cocok ditambahkan ke dalam adonan peyek. Nah, selain pakai kapur sirih, kamu juga bisa mempraktikkan trik lain. Salah satu triknya sempat dibagikan oleh warganet di akun TikTok @resepiqoh. Ia mengaku, kombinasi beberapa bahan buat jadi adonan peyek bisa membuatnya gurih, renyah, dan awet hingga sebulan.

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya