Tak perlu pisau atau sendok, ini cara cepat bersihkan sisik ikan pakai 1 jenis tanaman

Tak perlu pisau atau sendok, ini cara cepat bersihkan sisik ikan pakai 1 jenis tanaman
TikTok/@fanzamanagement_group

Brilio.net - Sebagai salah satu negara dengan garis pantai terpanjang di dunia, ada banyak sekali ikan laut Indonesia yang bisa dimanfaatkan. Jenis protein satu ini kerap dikonsumsi masyarakat sebagai menu makan harian.

Ikan bisa diolah jadi berbagai macam menu. Baik dimasak goreng, rebus, atau dikukus. Aneka olahan ikan tersebut semakin lezat jika diolah menggunakan bumbu rempah yang beragam. Trik ini juga ampuh membuat ikan semakin nikmat dan nggak bau amis.

Namun sebelum siap dimasak dengan berbagai bumbu, ikan perlu diolah terlebih dahulu. Salah satu tahap penting dalam pengolahan ikan adalah dengan membersihkan sisiknya. Sisik ikan ini cenderung sulit dicerna dan cukup mengganggu. Tak hanya itu, sisik ikan juga menjadi sumber bau amis, sehingga harus dibuang terlebih dahulu.

Sayangnya, bagi sebagian orang, membersihkan sisik ikan merupakan pekerjaan yang cukup sulit karena kulit ikan jadi licin. Jika tidak hati-hati, jari bisa terkena pisau atau sisik ikan yang tajam. Susahnya membersihkan sisiknya tersebut, menjadi alasan sejumlah orang enggan mengolah ikan sendiri.

Sebagian orang juga memilih untuk tak memakai pisau dan lebih memanfaatkan sendok untuk membersihkan sisik ikan. Walaupun begitu, tetap saja sendok terkadang tidak bisa membuat permukaan ikan jadi benar-benar bersih maksimal.

Kalau kamu masih bingung mau membersihkan sisik ikan pakai apa, tapi tak berniat menggunakan pisau maupun sendok, bisa lho pakai alat lain. Teknik ini sempat dibagikan pengguna TikTok @edukasijabanmedia. Melalui salah satu video yang diunggah, dia mengaku mengandalkan sebuah tanaman.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya