Tak perlu tanah liat atau asam jawa, ini trik ampuh menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya

Tak perlu tanah liat atau asam jawa, ini trik ampuh menghilangkan rasa pahit pada daun pepaya
foto: TikTok/@yusi_zain

Brilio.net - Daun pepaya identik dengan rasanya yang pahit. Walaupun begitu, banyak orang gemar mengonsumsinya. Rasa pahit pada daun pepaya ini dinilai dapat meningkatkan nafsu makan bagi para penggemarnya.

Namun tidak dapat dipungkiri bahwa banyak juga orang yang kurang suka rasa pahit ini. Alhasil, daun pepaya akan diolah sedemikian rupa agar rasa pahitnya bisa hilang. Memang pada dasarnya, ada sejumlah metode yang diterapkan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya ini.

Salah satu metode paling umum dalam menghilangkan rasa pahit bunga pepaya adalah dengan merebusnya bersama bahan khusus. Biasanya bahan yang digunakan adalah tanah liat dan asam jawa. Merebus daun pepaya bersama dua bahan tadi dipercaya dapat melunturkan getah penyebab rasa pahit.

Tapi selain dengan dua bahan tadi, sebenarnya ada bahan lain yang nggak kalah ampuh dalam menghilangkan rasa pahit daun pepaya ini. Seorang pengguna TikTok @yusi_zain pernah menjelaskannya lebih lanjut melalui salah satu video yang diunggah. Selain bahan, metodenya juga berbeda. Jadi, dia tidak hanya merebus daun pepaya dengan bahan khusus, namun ada tahapan lain yang dilakukan supaya rasa pahitnya semakin hilang.

(brl/far)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya