Tanpa air perasan jeruk nipis, ini trik merebus telur agar cangkangnya mudah dikupas

Tanpa air perasan jeruk nipis, ini trik merebus telur agar cangkangnya mudah dikupas
TikTok/@janeparkang

Brilio.net - Telur merupakan salah satu bahan makanan yang kaya akan nutrisi. Dilansir dari healthline.com, sebutir telur mengandung protein, vitamin B12, B6, B2, selenium, kalori, dan lainnya. Agar nutrisinya bisa diserap maksimal, kamu bisa mengolah telur dengan cara direbus.

Selain bisa dikonsumsi langsung, telur rebus juga dapat dicampurkan ke dalam gado-gado, soto, gudeg, dan lainnya. Cara merebus telur pun simpel banget, tinggal dimasukkan ke air mendidih lalu direbus selama beberapa menit.

Meski terlihat gampang, nyatanya masih banyak orang mengalami kendala saat membuat telur rebus, lho. Bukan pada proses merebus, melainkan saat mengupas cangkang telurnya. Pasalnya, kadang cangkang telur susah dikupas jika proses perebusan kurang tepat. Alhasil tampilan telur rebus justru rusak alias tidak halus.

Sebagai solusinya, sebagian orang sengaja menambahkan perasan jeruk nipis ke air rebusan telur. Bukan tanpa alasan, kandungan vitamin C yang tinggi dipercaya dapat melunakkan cangkang telur rebus, lho.

Namun, nggak perlu khawatir kalau kamu nggak punya stok jeruk nipis. Ada cara lain untuk merebus telur agar hasilnya nanti cangkangnya mudah dikupas, meski nggak pakai air perasan jeruk nipis.

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya