Tanpa baking soda, ini cara bersihkan noda kunyit di mangkuk plastik cuma pakai 1 bahan sederhana

Tanpa baking soda, ini cara bersihkan noda kunyit di mangkuk plastik cuma pakai 1 bahan sederhana
foto: Instagram/@trihartatiiii

Brilio.net - Di pasaran, mangkuk dijual dengan berbagai jenis bahan dan ukuran. Salah satu jenis bahan yang dipilih banyak orang adalah mangkuk plastik. Meski dijual dengan harga murah, mangkuk plastik juga tetap awet dipakai. Nggak cuma itu, bahan plastik juga diklaim tidak mudah pecah saat digunakan.

Meski terbilang awet, kamu tetap harus memperhatikan cara merawat, termasuk cara membersihkan mangkuk plastik. Karena terkadang mangkuk berbahan plastik ini mudah sekali terkena noda membandel.

Noda membandel bisa berasal dari sisa makanan yang berwarna seperti kunyit. Jika tidak dibersihkan dengan benar, noda pun bisa terus menumpuk dan semakin sulit dibersihkan. Alhasil, tampilan mangkuk plastik jadi menguning dan kotor.

Mengetahui hal tersebut, kebanyakan orang sengaja menaburkan baking soda ke permukaan mangkuk plastik. Kandungan natrium karbonat di dalam baking soda dipercaya ampuh membasmi noda membandel, termasuk noda kunyit di mangkuk plastik. Setelah dibiarkan beberapa saat, mangkuk plastik bisa langsung dicuci pakai sabun seperti biasa. Hasilnya, bersih maksimal dan kinclong lagi.

Namun nggak perlu khawatir jika stok baking soda di rumah sedang habis, karena ada bahan lain yang bisa kamu gunakan. Cara ini ditunjukkan oleh warganet bernama Tri Hartati. Dalam video unggahannya, ia tampak membersihkan mangkuk plastik dan peralatan dapur lainnya yang penuh noda kunyit. Meski tanpa baking soda, hasilnya tetap bersih maksimal, lho. Lantas bagaimana caranya?

(brl/tin)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya