Tanpa daun jambu biji, ini cara rebus daun singkong agar empuk dan warnanya hijau pakai 2 bahan dapur

Tanpa daun jambu biji, ini cara rebus daun singkong agar empuk dan warnanya hijau pakai 2 bahan dapur
Instagram/@rorasmommy2912

Brilio.net - Daun singkong jadi salah satu jenis sayuran yang sering diolah oleh masyarakat. Selain mudah didapat, daun singkong bisa dimasak jadi berbagai menu. Misalnya dibikin tumisan, dibuat masakan berkuah, maupun direbus untuk dijadikan lalapan.

Sayangnya, nggak sedikit orang menghindari makan daun singkong karena rasanya pahit dan getir. Padahal, rasa pahit itu cenderung muncul karena kesalahan ketika memasak, lho. Agar rasa pahitnya hilang sempurna, kamu bisa merebus daun singkong terlebih dahulu. Proses perebusan ini juga ampuh membuat tekstur daun singkong jadi empuk.

Supaya kian empuk, daun singkong harus direbus dalam waktu lama. Namun sama seperti sayuran hijau lainnya, daun singkong yang direbus terlalu lama justru berubah warnanya, lho. Kalau awalnya hijau segar, daun singkong justru akan menghitam saat sudah matang. Jadi nggak menarik lagi, kan?

Sebagai solusinya, sejumlah orang sengaja menambahkan beberapa lembar daun jambu biji ke dalam air rebusan. Nah, kalau teksturnya sudah empuk, langsung angkat dan tiriskan daun singkongnya. Dengan begitu, hasilnya empuk dan warnanya tetap hijau.

Tapi nggak melulu pakai cara itu, karena seorang pengguna Instagram @rorasmommy2912 sempat menunjukkan cara lain ketika merebus daun singkong. Meski tanpa daun jambu biji, rebusan daun singkong tetap empuk dan berwarna hijau cerah.

Penasaran bagaimana caranya?

(brl/lut)

Video

Selengkapnya
  • Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

    Jalan Makan Shiki, resto sukiyaki bergaya kansai daging disajikan dengan permen kapas

  • Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

    Jalan Makan Kari Lam, jualan sejak 1973 membawa rasa nostalgia

  • Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

    Jalan Makan Sroto Eling-Eling, gurihnya kuah dan melimpahnya daging kuliner Banyumas

Review

Selengkapnya